Jembatan Takari-Lelogama putus diterjang banjir

id NTT,jembatan putus,bencana banjir,kabupaten kupang

Jembatan Takari-Lelogama putus diterjang  banjir

Jembatan yang menghubungkan Takari-Lelogama di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur putus total akibat terjangan air banjir pada Minggu (25/12/2022). ANTARA/HO-Dinas PUPR Kabupaten Kupang

Semua kendaraan tidak bisa melintas karena jembatan dalam kondisi rusak berat...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyebutkan jembatan yang menghubungkan Takari-Lelogama di wilayah Amfoang Tengah putus setelah diterjang banjir pada Minggu dan mengakibatkan akses transportasi darat dari Amfoang menuju Kota Kupang putus total.

"Dengan putusnya jembatan Takari-Lelogama maka akses transportasi dari Amfoang menuju Kota Kupang menjadi putus total. Semua kendaraan tidak bisa melintas karena jembatan dalam kondisi rusak berat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Joni Nomseo yang dihubungi ANTARA di Kupang, NTT, Minggu, (25/12/2022).

Ia menjelaskan jembatan Takari-Lelogama merupakan jembatan yang sangat vital karena merupakan jalur utama yang menghubungkan wilayah Amfoang menuju Takari, Oelamasi ibu Kota Kabupaten Kupang maupun Kota Kupang.

Dia mengatakan jembatan Takari-Lelogama merupakan jembatan penting di Kabupaten Kupang menuju kawasan pegunungan Timau yang menjadi lokasi pusat pembangunan observatorium milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) .

Ia menjelaskan jembatan Takari-Lelogama merupakan satu-satunya akses jalan dan jembatan menuju wilayah Amfoang Utara, Amfoang Timur, Amfong Barat Daya, dan Amfoang Barat Laut serta Amfoang Tengah.

"Dengan putusnya jembatan Takari_Lelogama itu maka beberapa wilayah itu menjadi terisolir karena tidak bisa dijangkau kendaraan saat musim penghujan seperti saat ini," kata Joni.

Menurut dia, setelah putusnya jembatan maka akses transportasi menuju beberapa wilayah itu hanya bisa dilakukan melalui jalur laut dengan menggunakan kapal feri menuju Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara.

"Pada musim kemarau memang banyak jalan alternatif menuju wilayah Amfoang, namun pada musim penghujan semua ruas jalan itu tidak bisa dilintasi kendaraan karena banyak sungai yang kondisinya banjir," katanya.

Dia mengatakan putusnya jembatan Takari-Lelogama akan berdampak pada terganggunya kegiatan distribusi kebutuhan pokok untuk kebutuhan masyarakat di wilayah Amfoang.

Baca juga: BPBD NTT minta kesiapsiagaan mitigasi siklon tropis

Baca juga: BMKG: Lima kecamatan di Nagekeo waspadai dampak curah hujan