Purnawiran Polisi dari NTT diusulkan jadi Pahlawan Nasional

id Usulan Pahalwan nasional,Brigjen Pol Tifaona,Lembata,Brigjen Pol Antonius Enga Tifaona

Purnawiran Polisi dari NTT diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Patung Brigjen Pol (Purn) Antonius Enga Tifaona di Kota Lewoleba, Lembata, NTT, Jumat (27/1/2023). ANTARA/Kornelis Kaha

...Pendirian Patung ini merupakan bagian dari pencalonan Anton Enga Tifaona sebagai pahlawan nasional dari Lembata yang diinisiasi oleh Forum Pahlawan Nasional (FORPOLNAS) sejak 2022 lalu, kata juru bicara keluarga Tifaona, Alexander Bala Tifaona kep
Lembata (ANTARA) - Forum Pahlawan Nasional (FORPOLNAS) mengusulkan agar Brigjen Pol (Purn) Anton Enga Tifaona, putra asal Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi pahlawan nasional.

“Pendirian Patung ini merupakan bagian dari pencalonan Anton Enga Tifaona sebagai pahlawan nasional dari Lembata yang diinisiasi oleh Forum Pahlawan Nasional (FORPOLNAS) sejak 2022 lalu,” kata juru bicara keluarga Tifaona, Alexander Bala Tifaona kepada wartawan di Lewoleba, Lembata, NTT, Jumat, (27/1/2023).

Kiprah perwira polisi yang pernah dua kali menjabat sebagai Kapolda di Maluku dan Sulut-Sulteng ini dalam perlindungan masyarakat dan bela negara seperti saat ia menjabat sebagai Komandan Antar Resort Khusus di Timor Timur, dianggap layak mendapat apresiasi. 

Alex mengatakan bawa pihak keluarga  sangat mendukung upaya menjadikan Anton Enga sebagai pahlawan nasional. Dan beberapa syarat menjadi pahlawan nasional adalah nama jalan dan patung yang akan diresmikan pada Jumat (27/1) hari ini.

Acara peresmian Patung Brigjen Anton Enga Tifaona yang dibuat pematung perempuan Indonesia, Dolorosa Sinaga  dimulai dengan misa Gereja Kristus Raja Lewoleba yang dipimpin oleh Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang.

Ketua FORPOLNAS Kabupaten Lembata Jhon Tifaona mengatakan bahwa pihaknya pertama kali membuat usulan tersebut sejak Mei 2022, karena melihat perjalanan sejarah yang dilalui oleh Anton Enga selama masa hidupnya.

Dia menambahkan ada kurang lebih 700 pernyataan dukungan dari masyarakat yang sudah diserahkan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Selain itu harus lakukan seminar dan tinggal satu kali lagi yang akan dilakukan di Jakarta. Dan saat ini tinggal satu saja, setelah patung ini diresmikan,” ujar dia.

Lebih lanjut terkait anggaran pembuatan patung tersebut, Alex mengaku menelan anggaran sebesar Rp2 miliar, yang pembangunannya dilakukan sejak tahun 2022.

Dia menambahkan sebelum sampai pada acara peresmian, telah dilakukan upacara adat yang diadakan di rumah adat di Imulolong, kampung halaman Anton Enga Tifaona.

Imulolong merupakan salah satu desa kecil yang berada di Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Propinsi Nusa Tenggara Timur. 

Kemudian juga Upacara Adat yang melibatkan para pemangku adat di kota Lewoleba di lokasi monumen tersebut di Simpang Lima Wangatoa. 

Baca juga: IDI dan PKBI dukung usulan dr Soeharto sebagai Pahlawan nasional

Baca juga: Pemda NTT usulkan Frans Seda jadi pahlawan nasional