Kemenlu RI kecam sikap Menkeu Israel ingkari eksistensi Palestina

id Indonesia, Israel, Palestina

Kemenlu RI kecam sikap Menkeu Israel ingkari eksistensi Palestina

Arsip - Sejumlah pengunjuk rasa dari Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia menggelar aksi bela Palestina di Tugu Digulis, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (22/4/2022). Dalam aksi tersebut FSLDK Indonesia mengecam keras serangan aparat keamanan Israel terhadap umat Muslim Palestina yang sedang beribadah, di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pada Jumat (15/4/2022). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp (JESSICA HELENA WUYSANG/JESSICA HELENA WUYSANG)

Indonesia mengecam keras sikap Menteri Keuangan Israel yang mengingkari eksistensi Bangsa Palestina dan tidak menghormati eksistensi serta kedaulatan wilayah Yordania...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) mengecam keras sikap Menteri Keuangan Israel yang mengingkari eksistensi Bangsa Palestina dan tidak menghormati eksistensi serta kedaulatan wilayah Yordania.

"
Indonesia mengecam keras sikap Menteri Keuangan Israel yang mengingkari eksistensi Bangsa Palestina dan tidak menghormati eksistensi serta kedaulatan wilayah Yordania," menurut pernyataan Kemlu dalam sebuah unggahan di Twitter Kemlu RI, Rabu, (22/3/2023).

Pernyataan itu disampaikan setelah Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menunjukkan peta wilayah Israel yang meliputi semua wilayah Palestina dan Yordania.

Menurut Reuters, Smotrich, yang memimpin partai nasionalis-agama dalam koalisi kanan-keras Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, pada Minggu mengatakan bahwa "tidak ada yang namanya rakyat Palestina," atau sejarah atau budaya Palestina.

Pernyataan tersebut kemudian menuai kecaman keras dari Menteri Luar Negeri Yordania, yang menyebut pernyataan dari Smotrich sebagai "rasis".

Indonesia menegaskan konsistensi untuk mendukung perjuangan Bangsa Palestina dan menghormati kedaulatan wilayah Yordania.

"Indonesia terus konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina dan menghormati kedaulatan wilayah Yordania," kata Kementerian Luar Negeri Indonesia.


Baca juga: Israel dan Palestina janji batasi kekerasan

Baca juga: Israel minta Uni Eropa tak campuri urusan internal negaranya







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia kecam keras sikap Menkeu Israel ingkari eksistensi Palestina