KPU minta parpol sosialisasikan tahapan Pemilu 2024

id NTT,pemilu 2024,kpu kabupaten kupang,ketua kpu kabupaten kupang

KPU minta parpol sosialisasikan tahapan Pemilu 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Elyaser Lomi Rihi (kedua dari kiri) saat melakukan sosialisasi tahapan pemilu bagi partai politik di Kabupaten Kupang, Senin. (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami berharap partai politik peserta pemilu 2024 untuk juga membantu melakukan sosialisasi berbagai tahapan pelaksanaan pemilu legislatif maupun pilpres pada Februari 2024 sehingga masyarakat mengetahui semua tahapan pemilu secara baik
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, meminta partai politik ikut membantu menyosialisasikan berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 kepada masyarakat agar partisipasi pemilih menjadi tinggi.

"Kami berharap partai politik peserta pemilu 2024 untuk juga membantu melakukan sosialisasi berbagai tahapan pelaksanaan pemilu legislatif maupun pilpres pada Februari 2024 sehingga masyarakat mengetahui semua tahapan pemilu secara baik," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang Elyaser Lomi Rihi di Kupang, Senin, (27/3/2023).

Elyaser mengatakan hal itu dalam kegiatan Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2024 serta Pemutakhiran Data Pemilih yang diikuti perwakilan parpol peserta pemilu, tokoh agama, dan TNI/Polri.

Dia mengatakan sosialisasi tahapan pemilu serentak telah dilakukan KPU, namun perlu juga dilakukan partai politik peserta pemilu sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar memahami secara utuh hak dan kewajibannya dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Partai politik perlu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hak maupun kewajiban masyarakat dalam pemilu sehingga pemahaman masyarakat terhadap tahapan pemilu menjadi lebih memadai," kata Elyaser.

Menurut dia, apabila masyarakat sudah memahami tentang hak dan kewajibannya maka dipastikan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste, itu menjadi tinggi.

Dia menambahkan KPU Kabupaten Kupang hingga saat ini sudah melaksanakan tahapan verifikasi dokumen calon perseorangan (DPD RI) tahap dua dan pemutakhiran daftar pemilih tingkat PPS untuk menjadi peserta pemilih pada Pemilu 2024.

"Pemutakhiran data pemilih dilakukan untuk memperbarui data pemilih terakhir yang dicocokkan dengan data pemilih potensial untuk menjadi pemilih pada 2024," kata Elyaser.

Baca juga: KPU NTT verifikasi ulang dukungan pemilih untuk tujuh balon DPD RI

Baca juga: Artikel - Putusan peradilan di tengah keindahan irama orkestra pemilu