1.641 pemudik berangkat dari Pelabuhan Tenau di H-5 Idul Fitri

id Kota Kupang, pelabuhan Tenau Kupang,NTT,Arus mudik,Idul Fitri 2023

1.641 pemudik berangkat dari Pelabuhan Tenau di H-5 Idul Fitri

Sejumlah pemudik mengantre untuk melakukan chek in di konter chek in pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Jumat (14/4/2023). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Hari ini ada 1.641 pemudik yang bertolak dari Kupang menggunakan KM Umsini...
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 1.641 pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, menggunakan kapal Pelni KM Umsini ke sejumlah daerah di NTT pada H-5 Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Hari ini ada 1.641 pemudik yang bertolak dari Kupang menggunakan KM Umsini,” kata Kepala Pelni Cabang Kupang Harianto Sembiring di Kupang, Senin, (17/4/2023).

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 11.00 WITA waktu setempat dengan rute pertama tujuan Lewoleba, Kabupaten Lembata.

Jika dibandingkan dengan pemudik yang berangkat dari Kupang pada Jumat (14/4), menggunakan KM Bukit Siguntang, jumlah yang berangkat justru lebih banyak yakni sekitar 1.900 pemudik.

Sementara itu pemudik yang tiba di Kupang menggunakan KM Umsini mencapai 841 orang,  dibandingkan dengan pemudik yang tiba pada Jumat (14/4) lalu menggunakan KM Bukit Siguntang mencapai 1.000 pemudik baik orang dewasa remaja dan anak-anak.

Kepala Posko Terpadu Angkutan Laut Pelabuhan Tenau Kupang Ison Hendrasto kepada wartawan mengatakan bahwa puncak arus mudik sudah terjadi pada Jumat (14/4)  dengan jumlah pemudik yang berangkat sekitar 1.900 orang.

Ison yang juga adalah Kepala KSOP Kupang  menilai pada arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini jumlah pemudik terbilang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya karena berbagai aturan soal COVID-19 bagi pelaku perjalanan sudah dicabut oleh pemerintah pusat setelah kasus COVID-19 melandai.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kupang menyiapkan lima armada kapal penumpang untuk melayani masyarakat di Nusa Tenggara Timur selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dia mengatakan bahwa lima kapal itu adalah kapal-kapal yang selama ini melayani penumpang kapal Pelni di wilayah NTT .

Lima kapal penumpang itu adalah KM Umsini, KM Awu, KM Bukit Siguntang, KM Wilis, serta KM Sirimau yang selama ini sudah melayani penumpang di NTT.

Selain lima kapal penumpang, Pelni juga menyiapkan enam kapal lerintis yang berlayar dan singgah di pelabuhan-pelabuhan kecil di pulau-pulau terpencil di wilayah NTT hingga ke Maluku.

Enam kapal perintis itu juga tambah dia tidak terlalu diminati oleh masyarakat, hanya saja lebih banyak membawa komoditas ke pulau-pulau yang dituju.

Enam kapal perintis itu adalah Sabuk Nusantara 67, Sabuk Nusantara 87, Sabuk Nusantara 28, Sabuk Nusantara 108, Sabuk Nusantara 90, dan Sabuk Nusantara 104.

Baca juga: BMKG pantau cuaca mudik hingga skala kecamatan

Baca juga: Lima ruas tol beri diskon tarif saat mudik Lebaran



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 1.641 pemudik berangkat dari Pelabuhan Tenau pada H-5 Idul Fitri