Pemkab Mabar buka bazar tenun selama libur Lebaran

id umkm,tenun,Tenun Fashion Bazar, labuan bajo,manggarai barat,ntt,Labuhan bajo

Pemkab Mabar buka bazar tenun selama libur Lebaran

Pengunjung melihat tenun milik pelaku UMKM lokal dalam Tenun Fashion Bazar di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (21/4/2023). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Dalam rangka Lebaran ini kami buat Tenun Fashion Bazar untuk mengangkat brand lokal, kata Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari Sutanto Werry di Labuan Bajo, NTT, Jumat, (21/4/2023)
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, membuka bazar tenun milik UMKM lokal di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, selama momen liburan Lebaran 2023.

"Dalam rangka Lebaran ini kami buat Tenun Fashion Bazar untuk mengangkat brand lokal," kata Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari Sutanto Werry di Labuan Bajo, NTT, Jumat, (21/4/2023).

Perumda Bidadari menyelenggarakan Tenun Fashion Bazar sejak 15 April 2023 hingga 26 April 2023.

Kehadiran Tenun Fashion Bazar itu berangkat dari upaya pemerintah daerah untuk mengangkat potensi brand lokal yang telah mengolah tenun menjadi fesyen.

Nantinya, merek lokal itu diharapkan dapat menjadi pemain utama di industri fesyen tenun di Labuan Bajo.

"Kita tidak hanya menjual kain tenun melulu, tapi juga fesyen, termasuk fesyen kekinian seperti topi, gelang, baju," ucap Werry.

Dia mengatakan kehadiran bazar itu menjadi peluang baik untuk para pelaku UMKM tenun mendulang rupiah. Pasalnya, jumlah kunjungan ke Gua Batu Cermin bisa mencapai 1.000-an kunjungan per bulan.

Untuk itu, selain bazar, Werry menyatakan komitmen agar terus mempromosikan produk UMKM lokal. Pihaknya pun terus meningkatkan promosi ke instansi kementerian dan lembaga yang ada tentang kualitas dari produk-produk lokal.

Tenun Fashion Bazar yang digelar di halaman Gua Batu Cermin Labuan Bajo itu menghadirkan 15 pelaku usaha tenun dan produk turunannya.

Pemilik Sentra Tenun Ikat Forlavivian, Wati Ontong mengapresiasi upaya pemerintah daerah untuk memamerkan produk tenun miliknya.

Dia menyebut momen itu sebagai bentuk kesempatan untuk mempromosikan tenun kepada para pengunjung yang hadir.

Wati pun berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan agar perekonomian pelaku usaha lokal di Labuan Bajo bisa terus meningkat.

"Kami mulai jam 10 pagi sampai setengah lima sore ada di sini," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Mabar ajak pengunjung berwisata ke Gua Batu Cermin

Baca juga: Kapolres Mabar pastikan air bersih siap untuk ASEAN Summit







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Manggarai Barat buka bazar tenun selama libur Lebaran