Polda NTT siapkan rekayasa lalu lintas saat ASEAN Summit

id Asean summit, asean, ktt asean, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores, rekayasa lalu lintas, polda ntt, kapolda ntt, kapolda

Polda NTT siapkan rekayasa lalu lintas saat ASEAN Summit

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma (tengah) memberikan keterangan pers terkait pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (27/4/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Ada jalur yang akan ditutup atau pengalihan tanggal 7 sampai puncaknya tanggal 10. Tapi jam operasional tidak 24 jam, kata Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma dalam Konferensi Pers Pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo, Kamis, (27/4/2023) malam
Labuan Bajo (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur melakukan rekayasa lalu lintas dalam kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN/ASEAN Summit, 9-11 Mei 2023.

"Ada jalur yang akan ditutup atau pengalihan tanggal 7 sampai puncaknya tanggal 10. Tapi jam operasional tidak 24 jam," kata Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma dalam Konferensi Pers Pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo, Kamis, (17/4/2023) malam.

Saat penyelenggaraan ASEAN Summit di Labuan Bajo, Polda NTT melakukan penutupan sebagian jalan, pengalihan arus, dan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus. Tujuannya untuk memperlancar aktivitas lalu lintas para delegasi.

Rute yang akan mengalami rekayasa lalu lintas berupa lawan arus yakni rute dari Hotel Sudamala ke Hotel Meruorah, lalu Hotel Meruorah menuju Hotel Ayana.

Johanis menjelaskan penutupan dan pengalihan arus tidak berlangsung terlalu lama. Hal itu dilakukan jika ada pergerakan delegasi dari satu titik kegiatan ke titik kegiatan lain.

"Itu sifatnya sementara. Jadi ketika ada pergerakan, kita tutup. Selesai, kita buka. Paling satu jam. Tidak permanen. Buka tutup sementara. Kalau ada pergerakan Ayana ke Meruorah, Sudamala ke Meruorah, itu tutup. Temporer," katanya menjelaskan.

Karena adanya penutupan jalur sementara, katanya maka ada jalan alternatif yang akan disiapkan sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu.

Dia mengatakan personel berupaya semaksimal mungkin agar aktivitas masyarakat tidak terganggu saat pengalihan jalur tersebut.

"Maka kami sangat mohon pengertian masyarakat untuk sama-sama mendukung ASEAN Summit dengan mematuhi kebijakan maupun tindakan kepolisian yang akan kami berlakukan," katanya mengimbau.

"Kami harap masyarakat patuh, dukung, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar, tertib, aman, dan sukses, karena ini untuk nama baik bangsa Indonesia dan Labuan Bajo," katanya menambahkan.

KTT ke-42 ASEAN akan berlangsung di Labuan Bajo terhitung tanggal 9 sampai 11 Mei 2023.

Titik kegiatan itu berpusat pada Hotel Meruorah Labuan Bajo dan Hotel Ayana Labuan Bajo.

Sedangkan para kepala negara dan delegasi menginap di beberapa hotel dalam kota Labuan Bajo.


Baca juga: Kapolda NTT sebut kamtibmas jelang ASEAN Summit terkendali
Baca juga: Wakapolri cek kesiapan pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo