HIN dan Sarinah latih SDM pariwisata di Labuan Bajo

id Hin, sarinah, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores

HIN dan Sarinah latih SDM pariwisata di Labuan Bajo

PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dan PT Sarinah menyelenggarakan InJourney Hospitality House atau pelatihan pelayanan bagi sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, 15-17 Mei 2023. (ANTARA/HO-HIN)

Labuan Bajo (ANTARA) - PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dan PT Sarinah sebagai anggota PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) berkolaborasi menjalankan tanggung jawab sosial InJourney Group dengan menyelenggarakan InJourney Hospitality House (IHH) atau pelatihan pelayanan bagi sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Kami berkomitmen melakukan tugas dan memberikan yang terbaik agar kegiatan InJourney Hospitality House di Labuan Bajo hingga Desember 2023 berjalan dengan lancar, memberikan manfaat kepada masyarakat dan berkontribusi pada kemajuan pariwisata Labuan Bajo," kata Penanggung Jawab IHH Labuan Bajo 2023, Mershinta A Rahmadani dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Sabtu, (20/5/2023).

IHH bertujuan memberikan pelatihan mindset hospitality kepada masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi pariwisata super prioritas.


IHH Labuan Bajo 2023 Batch 1 telah diselenggarakan di Aula Gereja Maria Bunda Segala Bangsa Wae Sambi Batu Cermin pada 15-17 Mei 2023.

Peserta pelatihan di antaranya pedagang, pelaku UMKM, karyawan homestay, dan driver di sekitar Labuan Bajo.

IHH Labuan Bajo 2023 Batch 1 itu dihadiri oleh 54 peserta yang diberikan pelatihan selama 3 hari.

Metode pembelajaran yakni praktik dan teori dengan empat modul pelatihan yaitu cara sikap diri yang benar dalam pelayanan, komunikasi dalam pelayanan (hospitality communication), kebersihan produk dan lingkungan, serta cara berpenampilan.

Kepala Desa Batu Cermin Marianus Yono Jehanu menyampaikan apresiasi atas kegiatan Injourney Hospitality House yang diselenggarakan Injourney Group.

Dia berharap dapat memberikan nilai yang baik untuk peserta hingga mampu mendorong peningkatan layanan serta keramahtamahan pariwisata di Labuan Bajo.

Seorang driver bernama Maximus yang mengikuti pelatihan mengatakan, merasakan manfaat dari pelatihan itu.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami pelaku pariwisata dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan kepada wisatawan karena Labuan Bajo telah semakin dikenal dunia," ungkapnya.

IHH Labuan Bajo 2023 akan berlangsung setiap bulan dengan target jumlah peserta sekitar 50-60 orang setiap batch.

"Melalui program ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat dan meningkatkan pengetahuan terkait service dan hospitality sehingga mendukung Labuan Bajo menjadi World Class Tourism Destination," kata Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM PT Hotel Indonesia Natour, Indomora Harahap.

"Kegiatan ini sebagai komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan dan transformasi destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo," kata Haslinda Triekasari selaku GM Corporate Secretary PT Sarinah.

Baca juga: Disparekraf NTT targetkan latih 2.500 orang benahi SDM pariwisata

Baca juga: Mabar apresiasi dukungan Kemenparekraf bagi SDM pariwisata








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: HIN dan Sarinah beri pelatihan bagi SDM pariwisata di Labuan Bajo