Kapolda NTT kukuhkan 432 Polisi RW untuk Kota Kupang

id NTT, Kota Kupang,Polisi RW

Kapolda NTT kukuhkan 432 Polisi RW untuk Kota Kupang

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma saat mengukuhkan polisi RW di Kota Kupang, Selasa (23/5/2023). ANTARA/Ho-Humas Polda NTT

Tugas dan tanggung jawab mereka hampir sama dengan Bhabinkamtibmas, tetapi tugas mereka lebih difokuskan pada lingkungan RW-nya masing-masing yang merupakan lokasi tempat tinggal mereka...
Kupang (ANTARA) - Kapolda NTT Irjen Pol. Johanis Asadoma kukuhkan 432 anggota sebagai Polisi RW di wilayah Kota Kupang dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan basis kewilayahan.-

"Tugas dan tanggung jawab mereka hampir sama dengan Bhabinkamtibmas, tetapi tugas mereka lebih difokuskan pada lingkungan RW-nya masing-masing yang merupakan lokasi tempat tinggal mereka,” katanya di Kupang, Selasa, (23/5/2023).

Dia menjelaskan, Polisi RW ini adalah polisi yang melaksanakan tugas ganda yakni, bertugas sebagai anggota polisi pada kesatuannya dan mengemban tugas sebagai Polisi RW.

Keberadaan Polisi RW ini ujar dia dengan harapan agar setiap permasalahan yang terjadi cepat ditangani, karena Ketua RW dan Polisi RW sudah saling kenal, saling kontak sehingga apapun yang terjadi ini bisa cepat berkomunikasi, berinteraksi guna mengatasi permasalahan yang terjadi.

Pembentukan polisi RW ini juga tambah dia, guna memperkuat program Bhabinkamtibmas dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas tetap aman sebagai prasyarat untuk pembangunan.

"Kalau situasi tidak aman, masyarakat tidak bisa bekerja dengan tenang, dengan nyaman dan tidak bisa berproduksi secara maksimal. Nah karena dihadapkan dengan keterbatasan jumlah polisi tersebut, maka Polri mengeluarkan satu program yang dinamakan dengan Polisi RW untuk memperkuat program Bhaninkamtibmas,” tambah dia.

Ia juga menyatakan bahwa pengukuhan Polisi RW ini merupakan yang pertama di lakukan di wilayah NTT. Dan untuk Polres lainnya di NTT juga secepatnya akan menyusul.

Pemerintah Kota Kupang mengapresiasi program tersebut dan mengaku bangga karena Kota Kupang menjadi lokasi pilot projek dari program kepolisian tersebut.

"Kita patut bersyukur karena, hari ini menjadi hari bersejarah bagi NTT apalagi Kota Kupang karena Kota Kupang ditetapkan pertama menjadi Kota dengan ada RW Polisi,” kata Pjs Wali Kota Kupang George Hadjo.


Baca juga: Kapolda NTT: Tindak tegas oknum polisi jadi calo penerimaan anggota Polri

Baca juga: Kapolda NTT apresiasi Brimob sediakan alat pertahanan berkualitas