Mahasiswa Undana magang di lahan smart farming TNI AU

id NTT,mahasiswa undana,lanud el tari

Mahasiswa Undana magang di lahan  smart farming TNI AU

Komandan Lanud El Tari Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan (kanan) saat berada di lahan pertanian smart farming Lanud El Tari Kupang. (ANTARA/HO-Humas Lanud El Tari Kupang)

Rubah cara berpikir saat berada dalam lahan yang sudah dikembangkan ini karena tidak mudah segala sesuatu menjadi berhasil...
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 42 mahasiswa Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) melaksanakan magang di lahan pertanian smart farming Lanud El Tari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur selama satu semester sebagai implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan seperti dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (11/8/2023) mengatakan kegiatan magang yang dilakukan para mahasiswa Undana merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Para mahasiswa dari fakultas sains dan teknik, program studi teknik elektro dan teknik mesin dan dari fakultas ekonomi dan bisnis, program studi manajemen melakukan magang selama satu semester.

"Kami berharap para mahasiswa untuk terlebih dahulu merubah cara berpikir bahwa dengan melakukan magang di lahan pertanian smart farming Lanud El Tari Kupang harus mulai berpikir setelah magang harus menjadi apa," kata Danlanud Aldrin Petrus Mongan.

Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan berharap para mahasiswa untuk mencintai apa yang dikerjakan, merasakan dan mengalami sendiri bagaimana prosesnya lahan pertanian smart farming.

“Rubah cara berpikir saat berada dalam lahan yang sudah dikembangkan ini karena tidak mudah segala sesuatu menjadi berhasil," kata Danlaud Aldrin Petrus Mongan saat bersama Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Prof Philip De Rozari dan para mahasiswa melihat lokasi pertanian tempat para mahasiswa melakukan praktik.

Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) El Tari Kupang mengembangkan lahan tidur seluas 48 hektare menjadi area pertanian yang ditanami jagung setelah sebelumnya di-"launching" oleh Kepala Staf Angkatan Udara saat berkunjung ke NTT.

Dia mengatakan, metode yang dilakukan untuk menjaga agar jagung-jagung tersebut bisa bertahan selama musim kemarau dan bisa dipanen adalah metode irigasi tetes.

Baca juga: Lanud El Tari Kupang ubah lahan tidur jadi area pertanian

Ia mengatakan, upaya Lanud El Tari mengembangkan lahan kosong menjadi area pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan di NTT.

Baca juga: Personel TNI AU jalani latihan Albatros Ausindo 2023 di Australia

Ia berharap, apa yang dilakukan Lanud El Tari Kupang menjadi contoh setiap kabupaten di NTT, dengan dilakukannya smart farming tanpa bergantung pada curah hujan atau cuaca di NTT.