Gubernur NTT apresiasi Pemkot Kupang berhasil tangani sampah

id NTT,sampah,kota kupang bebas sampah

Gubernur NTT apresiasi Pemkot Kupang berhasil tangani sampah

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat. ANTARA/Benny Jahang

Kerja kolaborasi harus dilakukan seperti dalam urusan kebersihan di Kota Kupang, semua orang harus digerakkan untuk mengatasi sampah...
Kupang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi terhadap penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh karena berhasil menangani persoalan sampah sehingga Kota Kupang mulai terlihat bersih dari sampah.

"Kota Kupang saat ini sudah terlihat bersih dibandingkan sebelumnya sangat kotor dari sampah yang banyak menumpuk dimana-mana di Kota Kupang," kata Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Sabtu, (19/8/2023) terkait penanganan kebersihan sampah di Kota Kupang.

Ia mengatakan kondisi kebersihan di Kota Kupang sebelum ditangani Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh terlihat sangat kotor karena sampah menumpuk hampir di semua tempat.

Menurut dia dalam kepimpinan Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjo persoalan sampah di Kota Kupang secara bertahap sudah mulai teratasi sekalipun masih ditemukan adanya penumpukan sampah pada lokasi-lokasi tertentu.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan keberhasilan yang dicapai pemerintah Kota Kupang karena kerja kolaborasi dari semua pihak yang terus mendukung penanganan sampah.

"Kerja kolaborasi harus dilakukan seperti dalam urusan kebersihan di Kota Kupang, semua orang harus digerakkan untuk mengatasi sampah sehingga Kota Kupang menjadi kota yang bersih dan nyaman," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Ia menambahkan persoalan sampah di Kota Kupang tidak terlepas banyaknya sampah kiriman dari wilayah Kabupaten Kupang yang dibuang oleh warga di wilayah Kota Kupang.

Baca juga: Artikel - Membentuk karakter manusia sadar sampah

Dia juga berharap Pemerintah Kabupaten Kupang untuk mulai serius dalam menangani urusan sampah karena masih ditemukan ada warga dari daerah itu yang membuang sampah di wilayah Kota Kupang.

Baca juga: Bappenas apresiasi pengelolaan sampah melalui TOSS di Ende, Flores

"Hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi, kami berharap Bupati harus mulai memikirkan lokasi pembuangan sampah di Kabupaten Kupang agar tidak ada lagi warga daerah itu datang membuang sampah di Kota Kupang," kata Viktor Bungtilu Laiskodat.