Pemkab Sumba Barat motivasi warga kembangkan usaha pertanian

id NTT,kabar dari sumba,bantuan air bersih,usaha pertanian

Pemkab Sumba Barat motivasi warga kembangkan usaha pertanian

Wakil Bupati Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Jhon Lado Bora Kabba (kiri) melakukan pengukuhan kelompok pengelola air Desa Kalembu Kuni, Kota Waikabubak, Jumat. (ANTARA/Benny Jahang)

Apabila warga bisa mengembangkan usaha secara baik maka tentu bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga...
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Jhon Lado Bora Kabba meminta masyarakat di empat desa penerima manfaat bantuan pembangunan sarana air bersih dari Save the Children untuk memanfaatkan air yang ada tidak saja untuk konsumsi rumah tangga tetapi juga untuk usaha pertanian guna meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

"Masyarakat harus bersyukur dengan adanya bantuan pembangunan sarana air bersih oleh Save the Children, air yang ada harus dimanfaatkan secara baik tidak saja untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga tetapi juga untuk kebutuhan usaha pertanian," kata Wakil Bupati Sumba Barat Jhon Lado Bora Kabba saat meresmikan program air bersih di Desa Kalembu Kuni, Kota Waikabubak, Jumat, (8/9/2023).

Ia mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk usaha pertanian dengan menanam sayur-sayuran, cabai, tomat yang tidak terlalu membutuhkan banyak air dalam mendukung kemandirian ekonomi keluarga.

Menurut dia apabila masyarakat Kabupaten Sumba Barat bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan maka ikut membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

"Apabila warga bisa mengembangkan usaha secara baik maka tentu bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga, termasuk kebutuhan gizi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan juga terpenuhi karena sayur-sayuran dan buah-buahan tersedia di sekitar rumah. Jangan menonton tanah ini tetapi diolah menjadi lahan pertanian yang memberikan hasil dengan memanfaatkan air yang sudah ada," kata Wakil Bupati Jhon Lado Bora Kabba.

Menurut dia apabila warga mengembangkan usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah maka secara langsung memberikan edukasi kepada anak-anak di desa menjadi anak-anak yang mandiri dan memiliki inovasi dalam berusaha.

Baca juga: Empat kecamatan di Sumba Barat alami kekurangan air bersih

"Apa yang diharapkan pemerintah Kabupaten Sumba Barat untuk menjadikan anak-anak Desa Kalembu Kuni yang mandiri dan berdaya saing bisa terwujud dengan terus berdisiplin serta belajar yang tekun sehingga menjadi warga berprestasi," kata Jhon Lado Bora Kabba dalam kegiatan yang turut dihadiri Director Program Devlopment and Impact Save the Children Indonesia Imelda Tirra Usnadibrata, serta Acting Sumba Field Manager Save the Children Agustinus Mau Tukan.


Baca juga: Pemkab Sumba Barat apresiasi Save the Children bantu sarana air bersih