Pemilu di Flores Timur tetap berlangsung pada Rabu Trewa

id Kornelis Abon

Pemilu di Flores Timur tetap berlangsung pada Rabu Trewa

Juru bicara KPU Flores Timur, Kornelis Abon.

Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Flores Timur tetap berlangsung pada 17 April 2019 bertepatan dengan Rabu Trewa yang merupakan awal dari pelaksanaan Semana Santa di Kota Reinha Rosari Larantuka itu.
Kupang (ANTARA News NTT) - Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur tetap berlangsung pada 17 April 2019 bertepatan dengan Rabu Trewa yang merupakan awal dari pelaksanaan Semana Santa di Kota Reinha Rosari Larantuka itu.

"Sampai sejauh ini belum ada respons dari KPU Pusat terkait dengan pergeseran pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Flores Timur, sehingga kami pastikan tetap berlangsung pada 17 April bertepatan dengan pelaksanaan Rabu Trewa di Reinha Rosari Larantuka," kata juru bicara KPU Flores Timur Kornelis Abon ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (25/1).

Sebelumnya, forum multi pihak yang terdiri atas pemerintah daerah, DPRD, Forum Kerukunan Umat Beragama, perwakilan tokoh Flores Timur, menyampaikan usulan perubahan jadwal Pemilu 2019 ke KPU RI, dan Kementerian Dalam Negeri, karena bertepatan dengan Rabu Trewa.

Rabu Trewa dalam tradisi Gereja Katolik yang berarti ritual bunyi-bunyian yang menjadi tanda masuk perkabungan Yesus selama Tri Hari Suci Paskah, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah.

Pertimbangan lain adalah partisipasi pemilih akan terganggu karena bertepatan dengan perayaan pekan suci (Semana Santa) yang dimulai pada Rabu Trewa dan seterusnya dengan perayaan Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah.

Forum multi pihak berkeyakinan bahwa kegiatan pengawasan hingga ke desa-desa akan sangat terganggu karena keterbatasan personel, akibat kesibukan petugas dalam melaksanakan tugas pada perayaan Semana Santa di Larantuka dan desa-desa di Kabupaten Flores Timur.

Atas dasar ini, forum multi pihak kemudian mengusulkan ke KPU dan Kementerian Dalam Negeri agar pelaksanaan Pemilu 2019 di Flores Timur digeser, namun sampai sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak berwenang, sehingga Pemilu 2019 dipastikan tetap berlangsung bersamaan dengan perayaan Rabu Trewa.

Baca juga: Pelaksanaan Pemilu tak ganggu tradisi Semana Santa
Baca juga: KPU khawatir pemilu di NTT tidak mencapai target