BKKPN Kupang edukasi pemanfaatan TNP Laut Sawu

id bkkpn kupang,konservasi perairan,tnp laut sawu,lembor,nangalili,manggarai barat,labuan bajo,ntt,flores,BKKPN Kupang eduk

BKKPN Kupang edukasi pemanfaatan TNP Laut Sawu

BKKPN Kupang memberikan sosialisasi pemanfaatan kawasan konservasi Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu di Desa Nangalili, Manggarai Barat, NTT, Senin (9/10/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Kami telah memberikan sosialisasi pemanfaatan kawasan konservasi TNP Laut Sawu untuk meningkatkan pengetahuan pemahaman pemangku kepentingan dan pelaku usaha terkait aturan pemanfaatan dan perizinan pemanfaatan ruang laut
Kupang (ANTARA) - Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang mengintensifkan edukasi pemanfaatan kawasan konservasi Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu di Desa Nangalili, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kami telah memberikan sosialisasi pemanfaatan kawasan konservasi TNP Laut Sawu untuk meningkatkan pengetahuan pemahaman pemangku kepentingan dan pelaku usaha terkait aturan pemanfaatan dan perizinan pemanfaatan ruang laut," kata Koordinator TNP Laut Sawu Wilayah Kerja Manggarai BKKPN Kupang, Zakki Ardiansyah dari Lembor, Manggarai Barat, Selasa, (10/10/2023).

Zakki menyampaikan Nangalili merupakan desa pesisir dalam Kawasan TNP Laut Sawu di Kecamatan Lembor Selatan dengan jumlah dan aktivitas pemanfaatan paling banyak. Pemanfaatan-nya berupa penangkapan ikan oleh nelayan kecil dengan kapasitas armada kurang dari enam GT.

Karena pemanfaatan yang banyak, BKKPN Kupang menilai pentingnya edukasi terus menerus tentang pemanfaatan kawasan konservasi TNP Laut Sawu. Lewat sosialisasi yang dilakukan di hadapan masyarakat dan nelayan, Senin, BKKPN Kupang memberikan materi tentang zonasi dan aturan pemanfaatan di dalam kawasan konservasi TNP Laut Sawu.

BKKPN Kupang memberikan penjelasan bentuk kegiatan pemanfaatan yang diperbolehkan dan dilarang, serta hak dan kewajiban pelaku usaha pemanfaatan ruang laut.

Tim BKKPN Kupang juga menjelaskan tentang perizinan dasar yang harus dimiliki oleh pelaku usaha atau nelayan di dalam aktivitas pemanfaatan kawasan konservasi.

Selanjutnya ada pula materi pengurusan administrasi dasar perizinan kapal nelayan (pas kecil) dan Surat Persetujuan Berlayar oleh KSOP Labuan Bajo, serta materi pemberdayaan masyarakat nelayan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat.

"Tujuannya tentu terciptanya kepatuhan dan ketertiban pemanfaatan di dalam kawasan konservasi TNP Laut Sawu," ucap Zakki.

Baca juga: KKP tangani mamalia laut terdampar di Laut Sawu

Ia menyampaikan salah satu tindak lanjut dari edukasi dan sosialisasi itu adalah fasilitasi nelayan dalam mendapatkan perizinan dasar persuratan kapal berupa pas kecil.

Selanjutnya pas kecil akan digunakan sebagai dasar penerbitan legalitas kapal dengan dokumen Tanda Daftar Kapal Penangkapan (TDKP), serta penerbitan perizinan pemanfaatan penangkapan ikan di dalam kawasan konservasi berupa dokumen Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan (TDKPI).

Baca juga: Menteri KKP resmikan kapal Balaenoptera untuk jaga kelestarian TNP Laut Sawu

"Harapannya masyarakat nelayan semakin mempunyai kesadaran dalam pemenuhan dokumen perizinan pemanfaatan perairan baik itu perizinan dasar armada kapal maupun peningkatan kapasitas nelayan atau awak kapal," ujar Zakki.