BMKG minta masyarakat NTT waspadai potensi hujan dan angin

id bmkg,hujan,angin kencang,kebakaran hutan dan lahan,ntt,flores

BMKG minta masyarakat NTT waspadai potensi hujan dan angin

FOTO ARSIP - Petugas menyingkirkan longsoran material yang menutupi bagian Jalan Trans Flores di Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (19/11/2022) malam. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Monsun Timur melemah dan Monsun Barat mulai aktif, sehingga waspada hujan dan angin, kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi dari Kupang, Rabu, (1/11/2023)
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mewaspadai potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang hingga tanggal 6 November 2023 mendatang.

"Monsun Timur melemah dan Monsun Barat mulai aktif, sehingga waspada hujan dan angin," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi dari Kupang, Rabu, (1/11/2023).

Berdasarkan prospek cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, Agung mengatakan aktifnya Monsun Barat atau musim barat menandakan awal musim hujan.

Ia menyebut potensi hujan itu berpeluang terjadi di wilayah Flores, Timor, dan Alor.

Untuk itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak perlu bepergian atau mengendarai kendaraan saat hujan deras apabila tidak terlalu mendesak.

Masyarakat juga diminta agar mewaspadai dampak buruk dari angin kencang seperti pohon tumbang atau baliho yang roboh.

"Hati-hati apabila beraktivitas di luar rumah saat hujan deras yang disertai petir dan angin kencang," katanya.

Baca juga: BMKG: Sejumlah wilayah berpotensi alami hujan lebat

Selain potensi hujan disertai petir dan angin kencang, kata dia, masih adanya potensi kebakaran hutan dan lahan juga patut diwaspadai khususnya di Kabupaten Sabu Raijua, Flores Timur, dan Lembata.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrem

Ia meminta masyarakat agar melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembakaran baik sampah maupun lahan pertanian yang hendak dibuka.

"Adanya angin kencang saat ini dapat membuat area yang terbakar meluas," katanya.