Pj. Gubernur NTT ingatkan ASN jaga netralitas jelang Pemilu 2024

id NTT, Pj Gubernur NTT, Kota Kupang

Pj. Gubernur NTT  ingatkan ASN jaga netralitas jelang Pemilu 2024

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake menandatangani deklarasi damai di Lapangan Makorem 161/Wira Sakti, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/11/2023). Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dinisiasi oleh Korem 161/Wirasakti itu bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat di NTT untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di NTT agar tetap aman dan damai selama seluruh tahapan Pemilu. ANTARA KUPANG/Mega Tokan

Kita semua khususnya ASN memang punya hak untuk memilih, tetapi memang harus tetap harus menjaga netralitas ya...
Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur(NTT) Ayodhia Kalake mengingatkan aparat sipil negara (ASN) di provinsi tersebut untuk menjaga netralitas dalam seluruh tahapan pemilu 2024.

"Kita semua khususnya ASN memang punya hak untuk memilih, tetapi memang harus tetap harus menjaga netralitas ya," katanya  saat menghadiri kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Makorem 161/Wirasakti Kupang serta apel kesiapan personel TNI Polri di NTT dalam menjaga keamanan di NTT dalam setiap tahapan pemilu, di Kupang, Rabu, (8/11/2023).

Dia  menekankan agar seluruh ASN yang berada di wilayah provinsi itu tidak boleh memihak salah satu partai agar netralitas tetap terjaga.

Tak hanya itu, lanjutnya,  juga mengharapkan TNI Polri di wilayah NTT mengedepankan netralitas dalam seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Dengan mengedepankan netralitas TNI, Korem 161/Wirasakti bersama Polda NTT dan unsur terkait lainnya bersinergi mengawal seluruh tahapan pemilu 2024 agar dapat berjalan aman,jujur,adil, demokratis dan damai," kata Ayodhia.

Dia menilai bahwa deklarasi Pemilu 2024 merupakan upaya bersama dalam membangun tatanan nilai ,norma dan etika dalam proses kehidupan berdemokrasi pada perhelatan pemilu 2024 di Prov NTT.

Semangat dalam mewujudkan pemilu damai ini dituangkan dalam naskah bersama yang diikrarkan dan ditandatangani oleh semua pemangku kepentingan khususnya para peserta pemilu, mengetahui Pj Gubernur NTT, seluruh unsur Forkopimda NTT dan komponen bangsa lainnya.

Deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk memastikan bahwa Pemilu 2024 di NTT akan berlangsung dalam suasana damai tanpa gejolak. Hal ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa suara rakyat akan dihormati dan bahwa demokrasi di NTT akan berjalan dengan baik.

Lebih lanjut dia juga mengimbau kepada TNI dan Polri di wilayah NTT untuk bersama-sama menjaga dengan baik seluruh tahapan pemilu di NTT. Tidak hanya TNI, masyarakat NTT juga diharapkan turun membantu menjaga keamanan dan ketertiban di NTT.

Baca juga: Pj. Gubernur NTT ajak semua pihak tekan angka stunting

Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono menyampaikan pentingnya menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian selama proses Pemilu.

Baca juga: Pj Gubernur NTT ajak tokoh agama jaga kerukunan menjelang Pemilu 2024

"Dengan kesiapan yang matang dan semangat bersatu, NTT siap menghadapi Pemilu 2024 dengan sukses dan aman. Semoga Pemilu ini akan menjadi tonggak penting dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk NTT dan seluruh rakyat Indonesia." ujar dia.