Polres Rote Ndao menahan dua truk pengangkut ratusan liter BBM ilegal

id NTT,bbm ilegal,penyelundupn bbm ilegal,polres rote ndao

Polres Rote Ndao menahan dua truk pengangkut ratusan liter BBM ilegal

Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono (kedua dari kiri depan) (ANTARA/HO-Humas Polres Rote Ndao)

Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh aparat Kepolisian , pengemudi tidak dapat menunjukkan surat izin pengangkutan BBM dan harga pembelian BBM tersebut terindikasi relatif murah,
Kupang (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) menahan dua mobil truk pengangkut ratusan liter bahan bakar minyak (BBM) yang disubsidi pemerintah tanpa dokumen, diangkut dari Kupang menuju Pulau Rote.

"Aparat Kepolisian melakukan penahanan terhadap dua unit mobil truk di Pelabuhan ASDP Pantai Baru , Kabupaten Rote Ndao pada 8-9 November 2023 yang mengangkut ratusan liter BBM tanpa dokumen. Ratusan liter BBM itu merupakan BBM yang disubsidi pemerintah," kata Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono dalam keterangan tertulis diterima di Kupang, Jumat (24/11).

Ia mengatakan penangkapan itu dilakukan dalam kegiatan operasi yang dilakukan Satreskrim Polres Rote Ndao dalam upaya mengatasi peredaran bahan bakar minyak (BBM) ilegal .

Menurut Kapolres truk pertama yang ditangkap dengan nomor polisi DH 8394 G diduga membawa BBM jenis solar dan minyak tanah sekitar 800 liter solar dan 400 liter minyak tanah.

Sementara truk kedua dengan nomor polisi DH 9501 G mengangkut BBM jenis solar sekitar 560 liter dan minyak tanah sekitar 35 liter.

Kapolres Mardiono mengatakan ratusan BBM tersebut diduga berasal dari daerah Kupang dan tujuannya adalah Rote.

"Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh aparat Kepolisian , pengemudi tidak dapat menunjukkan surat izin pengangkutan BBM dan harga pembelian BBM tersebut terindikasi relatif murah," tegas Kapolres Mardiono.

Baca juga: Empat tersangka jual beli BBM ilegal terancam enam hukuman tahun penjara

Menurut Kapolres ratusan liter BBM itu merupakan BBM yang disubsidi oleh pemerintah.

Kapolres mengatakan berdasarkan penyelidikan awal bahwa BBM yang diangkut tersebut diduga adalah BBM yang disubsidi sehingga perlu dilakukan pendalaman dan penelitian apakah perbuatan tersebut kejahatan tentang minyak dan Gas Bumi.

Dikatakannya beberapa pelaku yang terlibat dalam kasus ini telah ditetapkan sebagai tersangka yaitu, YMH (45), NST (27), JFP (43) dan YN (28).

Mereka berasal dari Desa Sakubatun dan Desa Tesabela di Kabupaten Rote Ndao dan membawa BBM itu untuk mencari keuntungan dari penyalahgunaan pengangkutan BBM jenis solar dan minyak tanah yang disubsidi pemerintah.

Pasal yang disangkakan kepada para pelaku adalah Pasal 55 UU No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan pidana denda paling banyak Rp60.000.000.000.

Baca juga: AKBP AH akui terima Rp7,5 juta per bulan dari PT ANR dalam kasus BBM

Kepolisian kata dia telah melakukan berbagai tindakan, termasuk pemeriksaan saksi, penetapan status tersangka, dan penyitaan barang bukti.

Dengan upaya ini, diharapkan kasus penyalahgunaan BBM ilegal dapat diungkap dan para pelaku dapat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.