PPK data 3.215 pemilih terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki

id pemilu, pvmbg, erupsi, gunung api, lewotobi, flores, flores timur, ntt, erupsi ntt, abu vulkanik, siaga bencana, siaga d

PPK data 3.215 pemilih terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Wulanggitang, Romanus Rudi Tukan menjelaskan persiapan pemilu kepada anggota KPPS Desa Hokeng Jaya dan Klatanlo, di Desa Boru Kedang, Wulanggitang, Flores Timur, NTT, Minggu (21/1/2024). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Di Desa Klatanlo ada 905 pemilih, Nawokote 1.142 pemilih, dan Hokeng Jaya 1.168 pemilih, kata Ketua PPK Wulanggitang, Romanus Rudi Tukan di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, NTT, Senin, (22/1/2024
Wulanggitang (ANTARA) - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wulanggitang, Flores Timur, NTT mendata ulang 3.215 pemilih terdaftar untuk Pemilu 2024 yang berada pada 14 TPS
yang terdampak bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur.

"Di Desa Klatanlo ada 905 pemilih, Nawokote 1.142 pemilih, dan Hokeng Jaya 1.168 pemilih," kata Ketua PPK Wulanggitang, Romanus Rudi Tukan di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, NTT, Senin, (22/1/2024).

Para pemilih terdaftar itu tersebar pada 14 TPS di tiga desa terdampak di Kecamatan Wulanggitang yakni Klatanlo ada empat TPS, Nawokote ada lima TPS, dan Hokeng Jaya ada lima TPS.

Di tengah situasi bencana ini, kata Romanus, rata-rata pemilih telah mengungsi ke beberapa tempat. PPK Wulanggitang pun masih melakukan pendataan pergeseran pemilih.

Saat ini, banyak pengungsi juga telah kembali ke rumah masing-masing setelah 22 hari berada di posko pengungsian, karena itu perlu terus dilakukan pendataan, sembari menanti perkembangan status gunung api yang kini berada pada level IV (Awas).

Baca juga: Pangdam Udayana kunjungi pengungsi erupsi Gunung Lewotobi

"Untuk sementara disuguhkan dua pilihan yakni pergeseran TPS dan pindah memilih. Sangat bergantung dengan status kebencanaan," ucapnya.

Baca juga: PVMBG ingatkan masih ada potensi ancaman erupsi Lewotobi

Baca juga: SAR perkuat pengawasan sektoral enam km dari puncak erupsi Lewotobi


Agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan kondusif, PPK Wulanggitang memperkuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan berbagai bimbingan teknis dan pelatihan, baik pra persiapan pemungutan suara, persiapan pemungutan suara, pemungutan suara, persiapan perhitungan suara, dan perhitungan suara.