Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat

id prakiraan cuaca,BMKG

Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat

Ilustrasi - Dua orang pesepeda menembus hujan lebat di jalan Merdeka Selatan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/aa.)

...Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesi
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin, (19/2/2024).

Sejumlah wilayah itu yakni Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Lampung, Bangka Belitung, dan Riau.

Adapun hujan lebat diperkirakan akan mengguyur Aceh dan Papua Barat.

Hujan juga diperkirakan turun dengan intensitas berbeda-beda pada siang hari di sejumlah kota di Indonesia, seperti hujan intensitas sedang di Yogyakarta dan Padang, hujan lebat di Bandung, dan hujan disertai petir di Pangkal Pinang.

Sementara Surabaya diperkirakan diguyur hujan yang disertai petir pada siang dan malam hari.

Hujan ringan diperkirakan turun di Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Ambon, Jayapura, Manokwari, Manado, dan Medan.


Cuaca diperkirakan cerah berawan pada siang hari di Samarinda, Tarakan, Kupang, Pekanbaru, Mamuju, dan Makassar, sedangkan Mataram diperkirakan cerah berawan dari siang hingga dini hari.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat agar mewaspadai dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," katanya.

Dalam pernyataannya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1), Dwikorita menyebutkan curah hujan kurang lebih sama, dapat mencapai 400 milimeter dalam satu bulan. Namun, ujarnya, dapat menjadi ekstrem dalam jangka harian.

"Curah hujan bisa mencapai 100 milimeter lebih per hari dan kadang bisa mencapai 150 milimeter," ujarnya.


Baca juga: BMKG terbitkan status waspada dampak hujan
Baca juga: BMKG ingatkan bahaya gelombang tinggi mencapai 6 meter
Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat waspada hujan
Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah berpotensi hujan deras










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan sedang hingga lebat