Ribuan orang telah mendaftar perayaan Semana Santa Larantuka

id semana santa, larantuka, flores timur, ntt, flores, keagamaan, wisata rohani

Ribuan orang telah mendaftar perayaan Semana Santa Larantuka

Ilustrasi - Taman Doa Mater Dolorosa di Larantuka, Flores Timur, NTT telah menjadi salah satu spot wisata rohani yang sering dikunjungi wisatawan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

"Hingga hari ini yang sudah mendaftar Semana Santa sebanyak 2.795 orang
Lewoleba (ANTARA) - Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi Panitia Semana Santa 2024 Herry Lamawuran mengatakan sebanyak 2.795 peziarah telah mendaftar untuk mengikuti perayaan Semana Santa, yang juga menjadi wisata rohani di Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hingga hari ini yang sudah mendaftar Semana Santa sebanyak 2.795 orang," kata Herry ketika dihubungi dari Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata, Senin (25/3).

Para peziarah yang telah mendaftar tersebut merupakan peziarah domestik atau berada dalam wilayah NTT maupun dari luar NTT.

Panitia gereja dan panitia pemerintah daerah (pemda) pun telah berkoordinasi untuk pelaksanaan Semana Santa 2024 yang berlangsung dari tanggal 27 Maret hingga 31 Maret 2024 itu.

Baca juga: Satgas Semana Santa Turangga 2024 gelar patroli menjelang perayaan Paskah
Baca juga: Atma Jaya gelar layanan kesehatan di Flotim jelang Semana Santa


Salah satu hal yang telah disiapkan yakni akomodasi penginapan yang tersebar pada 14 hotel dan 57 pondok wisata (homestay) di Kota Larantuka. Bagi peziarah yang tidak mendapatkan penginapan di hotel atau losmen, kata dia, dapat menginap pada rumah-rumah milik warga.

"Hampir semua hotel dan losmen sudah full booked, jadi sebagai tuan rumah, warga juga dapat menerima para peziarah yang tidak mendapatkan homestay," ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Flores Timur itu.

Hingga kini segala persiapan telah dilakukan, termasuk memastikan ketersediaan listrik dan air pada rumah-rumah warga yang nanti disinggahi oleh para peziarah.

Ia menyebut telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan PDAM untuk memastikan hal tersebut. "Mereka siap," kata dia.

Semana Santa merupakan tradisi bangsa Portugis yang telah dijalani selama 500 tahun dan menjadi perayaan keagamaan terbesar masyarakat Flores Timur. Dalam perayaan itu terdapat serangkaian tradisi selama sepekan, yang selalu ramai diikuti oleh peziarah.