15 provinsi yang bakal diguyur hujan lebat menurut BMKG

id cuaca hari ini

15 provinsi yang bakal diguyur hujan lebat menurut BMKG

Ilustrasi hujan lebat (ANTARA/HO)

...BMKG juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua
Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang diprakirakan mengguyur 15 provinsi di Indonesia pada Selasa, (28/5/2024).
 
Sebagaimana dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, 15 provinsi yang diprediksi diguyur hujan lebat itu adalah Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan badai atau hujan yang disertai kilat dan petir di beberapa wilayah, yakni Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, dan Kalimantan Tengah. Hujan badai juga diprediksi terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.
 
BMKG memprediksi sebagian wilayah diguyur hujan yang disertai dampak. Wilayah itu meliputi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Ada pula Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
 
BMKG juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Menurut BMKG, secara umum hujan pada 26–29 Mei 2024 berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan gelombang pasang di beberapa wilayah, antara lain Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.
 
Berikutnya adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi angin kencang di empat pulau di NTT
Baca juga: BPBD Nagekeo antisipasi dampak kekeringan pada musim kemarau
Baca juga: PUPR sebut World Water Forum hadirkan solusi bagi krisis air dan iklim




 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ingatkan masyarakat waspadai hujan lebat di 15 provinsi