Artikel - Menjaga populasi elang jawa, sang penguasa langit di Gunung Ciremai

id Pelestarian Elang Jawa di Gunung Ciremai,Taman Nasional Gunung Ciremai,Populasi Elang Jawa di Gunung Ciremai,Konservasi ,Artikel lingkungan,Artikel he Oleh Fathnur Rohman

Artikel - Menjaga populasi elang jawa, sang penguasa langit di Gunung Ciremai

Seekor burung Elang Jawa bertengger pada dahan pepohonan di Gunung Ciremai, Jawa Barat, yang berhasil didokumentasikan oleh Tim Monitoring Elang Jawa TNGC pada 2023. (ANTARA/HO-Balai TNGC)

Ya, ini momen langka. Walaupun kebetulan, tetapi saya merasa sangat senang melihat elang jawa di sekitar Gunung Ciremai. Artinya keberadaan hewan ini masih ada...
Kuningan (ANTARA) -
Ade Suryana (27) merasakan pengalaman luar biasa yang tidak pernah terlupakan saat mengunjungi kawasan Palutungan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
 
Aktivitas berkemah yang dilakoninya pada Ahad (28/7) pagi, telah membawanya untuk menyaksikan fenomena baru di dalam hidupnya. Kala itu Ade bersama tiga rekannya sedang duduk santai di depan tenda, sembari menyeruput kopi hangat.  
 
Mereka tengah menikmati kedamaian di balik lebatnya hutan tropis Gunung Ciremai. Namun, keheningan itu tiba-tiba pecah oleh kehadiran seekor satwa langka.
 
Pelancong asal Cirebon ini melihat penampakan seekor burung terbang cukup rendah di ketinggian, dengan sayap yang terbentang lebar.
 
Bulu cokelat burung ini yang terpolarisasi menambah pesona, mata tajamnya menelisik, seolah mengawasi gerak-gerik hewan kecil yang menjadi mangsa buruannya.
 
Ade yang melihatnya segera mengenali satwa tersebut sebagai elang Jawa. Burung ini merupakan penguasa langit di Gunung Ciremai yang menjadi lambang kerentanan alam.
 
Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah spesies burung langka yang pertama kali diidentifikasi oleh peneliti berkebangsaan Jerman, Max Eduard Gottlieb Bartels, pada abad ke-19.
 
Melihat elang jawa di habitat alaminya menjadi pengalaman langka dan tak ternilai. Ade mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan menyaksikan keindahan burung ini secara langsung.
 
"Momen tersebut sangat berarti bagi saya. Saya merasa sangat beruntung bisa menyaksikan keindahan elang jawa di habitat alaminya," kata Ade saat mengisahkan pengalamannya itu. 
Ilustrasi burung elang Jawa di Gunung Ciremai, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Balai TNGC)
Ade dan teman-temannya terkesima oleh pemandangan tersebut, yang memberikan mereka lebih dari sekadar rasa bangga, tetapi juga sebuah pelajaran penting tentang tanggung jawab manusia terhadap lingkungan.
 
Saat elang jawa terbang menjauh di horizon, mereka merasakan kekaguman serta menyadari betapa pentingnya menjaga habitat alam agar tetap lestari.
 
“Ya, ini momen langka. Walaupun kebetulan, tetapi saya merasa sangat senang melihat elang jawa di sekitar Gunung Ciremai. Artinya keberadaan hewan ini masih ada,” ungkapnya.
 
Satwa yang menjadi inspirasi dari simbol negara ini, sering dijumpai terbang di cakrawala Gunung Ciremai. Tepatnya pada kawasan peralihan antara daratan dan pegunungan.
 
Dari sejumlah keterangan penduduk setempat yang berhasil dihimpun, elang jawa kerap menampakkan diri pada pagi menjelang siang. Umumnya hewan tersebut bakal mengitari kawasan hutan untuk mencari makan.
 
Kehadirannya, meski sesaat, telah menyiratkan pesan penting kepada manusia tentang kondisi ekosistem alam yang kian rapuh.
 
Pelestarian dan konservasi