Binus University-Poltek ElBajo Commodus berdayakan UMKM

id Binus University, Poltek ElBajo Commodus, Labuan Bajo, UMKM, Manggarai Barat, NTT, ICDP 2024

Binus University-Poltek ElBajo Commodus berdayakan UMKM

Foto bersama dalam pelaksanaan ICDP 2024 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kami berharap melalui kerjasama ini, dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua institusi, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas...
Labuan Bajo (ANTARA) - Binus University dan Politeknik eLBajo Commodus berkolaborasi memberdayakan para pelaku UMKM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui ide implementatif mahasiswa yang berbasis pada tujuan pengembangan berkelanjutan (TPB) dalam kegiatan International Community Development Program (ICDP) 2024.
 
"Tahun ini, ICDP yang diselenggarakan di Labuan Bajo merupakan harapan agar mahasiswa berkesempatan untuk mengeksplorasi inovasinya dalam mengembangkan sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB," kata Project Lead serta Internationalization Office Associate Manager di Binus University Debby Sonita Lubis dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Sabtu. 
 
Inovasi mahasiswa dalam mengembangkan sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB, lanjut dia, diharapkan dapat diadopsi oleh UMKM di Labuan Bajo sehingga dapat meningkatkan kualitas usaha serta memberi dampak yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 
 
Kegiatan ICDP 2024 telah diselenggarakan pada 13-22 Agustus 2024 ini dinilai memberi pengalaman unik bagi mahasiswa domestik serta internasional dalam memperkaya studinya dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi lalu berkolaborasi dalam upaya merumuskan solusi yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan dampak sektor UMKM di masyarakat. 
 
Sejumlah mahasiswa internasional yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka seperti University New South Wales di Australia dan Universiti Teknologi Malaysia diharapkan membentuk kolaborasi lintas negara yang meningkatkan pemahaman antara budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya.
 
Kota Labuan Bajo dipilih karena peluang pembelajaran yang dapat memperkenalkan peserta terhadap pentingnya pemahaman budaya lokal agar dapat diintegrasikan dengan teori, permasalahan di masyarakat, dan konsep TPB untuk menghasilkan solusi melalui peran teknologi.  
 
Kepala Desa Batu Cermin Marianus Yono Jehanu mengungkapkan kolaborasi Binus University dan Politeknik eLBajo Commodus dinilai dapat mendorong kemajuan UMKM, khususnya di Desa Batu Cermin yang dikenal sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. 
 
Direktur Politeknik eLBajo Commodus I Nengah Dasi Astawa memberikan apresiasi kepada Binus University atas terselenggaranya kegiatan ICDP 2024 di Labuan Bajo. 
 
Kegiatan itu, lanjut dia, merupakan salah satu implementasi nyata dari kerja sama strategis antara Binus University dan Politeknik eLBajo Commodus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.
 
“Kami berharap melalui kerjasama ini, dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua institusi, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya.
 
Kolaborasi mahasiswa BINUS University yang berada di Bandung, Semarang, dan Malang bersama Politeknik eLBajo Commodus melalui program ICDP 2024 merupakan upaya dalam mendorong komitmen pemberdayaan UMKM melalui keterlibatan lintas sektor dalam meningkatkan daya saing di pasar domestik dan internasional serta penekanan terhadap pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam membawa dampak yang relevan di masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan komunitas maupun UMKM melalui kolaborasi nasional dan internasional.