BPOLBF sebut penerbangan internasional tingkatkan konektivitas

id BPOLBF, AirAsia, Labuan Bajo Kuala Lumpur, pariwisata, NTT,Konektivitas

BPOLBF sebut penerbangan internasional tingkatkan konektivitas

Pesawat Airbus A320 yang dioperasikan maskapai penerbangan AirAsia dengan nomor penerbangan AK336 membawa sebanyak 169 penumpang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Divisi Komunikasi Publik BPOLBF)

...Ini adalah wujud nyata dari komitmen kita bersama baik pemerintah maupun industri transportasi untuk mempermudah aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan internasional ke Labuan Bajo dan daerah lain di sekitarnya, katanya dalam
Labuan Bajo (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh mengatakan, penerbangan internasional perdana maskapai AirAsia dari Bandara Internasional Komodo merupakan wujud komitmen semua pihak untuk meningkatkan dan memperluas konektivitas pasar industri pariwisata.
 
"Ini adalah wujud nyata dari komitmen kita bersama baik pemerintah maupun industri transportasi untuk mempermudah aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan internasional ke Labuan Bajo dan daerah lain di sekitarnya," katanya dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Rabu.
 
Maskapai AirAsia meluncurkan rute penerbangan internasional baru rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo pada 3 September 2024.

Rute ini menjadi penerbangan internasional pertama yang menghubungkan secara langsung Kuala Lumpur dan Labuan Bajo yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.
 
Frans Teguh berharap adanya penerbangan langsung ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk menikmati keindahan alam serta keunikan budaya di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Konektivitas yang lebih baik akan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku industri pariwisata lokal, menciptakan lapangan kerja, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.
 
Sementara itu, dalam acara Inaugural Perdana Rute Penerbangan Kuala Lumpur-Labuan Bajo tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi suksesnya penerbangan perdana internasional maskapai AirAsia.
 
"Penerbangan perdana AirAsia hari ini merupakan suatu kebanggaan karena sebuah momentum pertama kali penerbangan internasional ke Labuan Bajo,” ungkap Sandiaga.
 
Direktur Utama AirAsia Dato Captain Fareh Mazputra juga menyampaikan peluncuran penerbangan langsung AirAsia dari Kuala Lumpur-Labuan Bajo menandai langkah signifikan mendukung target ambisius pertumbuhan pariwisata di Indonesia dan Labuan Bajo adalah salah satu dari lima DPSP Indonesia.
 
"Kami berkomitmen untuk berkontribusi pada perkembangan Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia dengan membuatnya lebih mudah diakses oleh pelancong dari seluruh dunia," ujarnya.
 
Ia menambahkan bahwa, kerja sama antara Malaysia dan Indonesia terus berjalan dalam meningkatkan pengembangan pasar pariwisata dan perdagangan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi antar Malaysia dan Indonesia.
 
“Indonesia tetap menjadi salah satu pasar terpenting kami dan kami akan terus bekerja sama dengan AirAsia Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan perdagangan antara kedua negara," katanya.

Baca juga: Hadirnya Air Asia berdampak positif bagi pariwisata Labuan Bajo
 
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan bahwa penerbangan maskapai AirAsia ditandai sebagai peristiwa yang mendukung laju perekonomian di Labuan Bajo.

Baca juga: Kata Agustinus Dula, AirAsia hadir pada saat yang tepat
 
"Penerbangan AirAsia harapannya menjadi trigger untuk mendongkrak perekonomian Manggarai Barat yang harapannya selalu maju dan melaju kedepannya, apalagi Labuan Bajo merupakan kota yang mempesona dengan ciri khasnya yang unik membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi kota ini," katanya.