BMKG imbau warga Manggarai waspadai dampak hujan

id BMKG, Cuaca, Kabupaten Manggarai,Stasiun Frans Sales Lega Manggarai, NTT, hujan, imbauan

BMKG imbau warga Manggarai waspadai dampak hujan

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

...Tetap waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, terutama di area terbuka, kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (15/10)  
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), mewaspadai dampak hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai petir dan angin kencang pada beberapa wilayah.
 
"Tetap waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, terutama di area terbuka," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (15/10).
 
Ia menambahkan dalam prakiraan cuaca tiga harian di Kabupaten Manggarai yakni tanggal 15-17 Oktober 2024 daerah itu berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
Ia menjelaskan kecepatan angin dalam tiga hari tersebut diperkirakan berkisar 2-35 km/jam. "Karena saat ini dalam masa pancaroba, perubahan kecepatan angin sangat mudah terjadi," ujarnya.
 
Lebih lanjut Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai juga mengimbau warga saat hujan agar menghindari berteduh di bawah pohon besar atau di sekitar baliho untuk menghindari risiko sambaran petir dan pohon tumbang.
 
Bagi pengendara kendaraan bermotor, lanjut dia, diminta untuk berkendara dengan hati-hati di jalan yang licin dan potensi banjir lokal, terutama di daerah dataran rendah.
 
"Simpan barang-barang penting di tempat yang aman dan tidak terkena dampak angin kencang, dan segera laporkan kepada pihak berwenang jika terjadi kondisi darurat seperti banjir atau kerusakan infrastruktur," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan chujan di beberapa kota

Baca juga: Simak prakirakan BMKG soal cuaca hari ini
 
Ia juga mengajak seluruh warga untuk selalu mengikuti prakiraan cuaca terbaru dari Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega melalui media sosial, website, atau aplikasi cuaca terpercaya.