Gubernur NTT resmikan 5 PLTS terpusat di Lolo Wano

id Gubernur

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B Laiskodat (kiri) didampingi Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole (kanan) meninjau PLTS terpusat di desa Lolo Wano, Kabupaten Sumba Barat, Senin (25/2). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

Gubernur NTT Viktor B Laiskodat meresmikan 10 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipusatkan di Desa Lolo Wano, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, Senin (25/2).
Waikabubak, Sumba Barat (ANTARA News NTT) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B Laiskodat meresmikan 5 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipusatkan di Desa Lolo Wano, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, Senin (25/2).

"Sekarang sudah ada jaringan listrik dari PLTS ini. Saya harapkan ini dengan adanya listrik ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di desa ini," katanya

PLTS yang diresmikan itu meliputi empat PLTS di Sumba Barat, yakni PLTS Desa Harona Kala di Kecamatan Lamboya Barat, PLTS Desa Wee Libo, Kecamatan Lamboya.

Sementara itu, ada dua PLTS lainnya di Sumba Tengah yakni PLTS Desa Bondosula, Kecamatan Mamboro serta PLTS di Desa Susu Wendewa Kecamatan Mamboro. Sedang, lima PLTS yang sudah beroperasi merupakan bantuan dari Kementerian ESDM.

Pada tahun 2017 lalu, sudah ada lima bantuan PLTS yang dibangun di NTT, kemudian pada tahun 2018 lalu juga ditambah lagi lima PLTS.

Gubernur NTT mengimbau agar warga yang sudah mendapatkan bantuan PLTS agar memanfaatkannya dengan baik dengan tetap merawatnya.

Baca juga: PLTD-PLTS Untuk Pulau Kecil di NTT

"Terkadang membangun itu lebih mudah dari pada merawatnya. Oleh karena itu saya harapkan agar warga di lima desa yang mendapatkan bantuan PLTS ini bisa memanfaatkannya dengan baik," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan bahwa ada tiga kebutuhan dasar manusia, di antaranya udara, air serta ?energi atau listrik. Ketiganya adalah sebuah kebutuhan dasar yang diperlukan masyarakat.

Menurut dia, jika listrik sudah ada serta air sudah ada otomatis pertumbuhan ekonomi suatu daerah akan bertumbuh dengan baik.

"Di sinikan sudah ada listrik kalau sudah ada air juga otomatis peternakan serta pertanian juga akan jalan. Oleh karena itu sekarang listrik sudah ada, nanti saya coba bantu untuk masalah air, agar bisa membantu pertumbuhan ekonomi desa ini," katanya.

Baca juga: Pemerintah Bangun Empat PLTS
Baca juga: Investasi PLTS Baru 1MW
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar