Pangdam pimpin gelar pasukan pengamanan presiden

id pangdam udayana

Pangdam pimpin gelar pasukan pengamanan presiden

Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto ketika memimpin gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan Presiden Jokowi dan ibu negara ke Kupang, NTT, Minggu, (7/4). (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini, harus selalu dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas.
Kupang (ANTARA) - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Minggu (7/4), memimpin gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo ke Kupang, Senin (8/4).

"Pengamanan VVIP selalu kita laksanakan bersama, dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya, baik pada even nasional maupun internasional dengan memberikan pengamanan terbaik dan maksimal," kata jenderal berbintang dua itu di Kupang, Minggu (7/4).

Menurut dia, segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini, harus selalu dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas.

"Apel gelar pasukan seperti ini sangat perlu, untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang langkah, dan tindakan sesuai protap pengamanan VVIP yang berlaku," katanya.

Selain itu juga, untuk memastikan sinergitas dan kerja sama antar semua unsur pengamanan yang terlibat, katanya.

Pangdam juga meminta kepada satuan pengamanan untuk manfaatkan apel gelar pasukan ini sebagai sarana komunikasi, dan koordinasi antarunsur pengamanan, utamanya untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas, serta untuk menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaan di lapangan.

Baca juga: Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste Terbaik di Dunia

Kodam IX/Udayana katanya, selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali Nusra bersama sama Polda, pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan, dan sasaran pengamanan secara maksimal.

Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando harus dipahami dan menjadi pedoman sehingga kerja kita menjadi efektif dan efisien guna mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara optimal, katanya.

Presiden Jokowi yang juga calon presiden nomor urut 01 itu, dijadwalkan akan berada di Kupang untuk melakukan kampanye terbuka di Lapangan Sitarda Lasiana, sekitar 12 km timur Kota Kupang.

Baca juga: Pangdam Udayana Benny Susianto ke PLBN Motamasin
Baca juga: Pangdam Udayana tekankan pentingnya pengamanan VVIP
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar