Waspadai gelombang 7 meter di Laut Timor

id Gelombang

Waspadai gelombang 7 meter di Laut Timor

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, NTT, Bambang Setajid. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang melaporkan, gelombang setinggi 7 meter saat ini terjadi di Laut Timor sebelah selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang melaporkan, gelombang setinggi 7 meter saat ini terjadi di Laut Timor sebelah selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"BMKG juga memantau, gelombang laut setinggi 4-5 meter terjadi di Laut Sawu, Samudera Hindia di selatan NTT, perairan laut di selatan Kupang hingga Pulau Rote," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, Bambang Setiajid kepada Antara di Kupang, Rabu (8/5)

Selain itu, gelombang setinggi 2.5-3.5 meter terjadi di Selat Sumba, Selat Sape, dan di perairan laut di selatan Pulau Sumba serta kecepatan angin mencapai 40 knot per jam.

Mengenai penyebabnya, dia mengatakan, berdasarkan analisis harian Siklon Tropis TCWC Jakarta terpantau adanya bibit siklon 93S, 93 SINVEST.30kts-1000mb-75S-1283E.

Bibit Siklon 93S dan bibit siklon tropis 93S masih terpantau berada di Laut Banda, selatan Maluku, tepatnya di 7.5 °LS 128.3°BT. Dengan intensitas menguat dari jam 15 UTC, kecepatan angin 30 knot dan tekanan minimum 1000 hPa.

Sementara pola perawanan menunjukkan pola terorganisir dengan aktivitas konvektif yang menguat dalam 12 jam terakhir. Konvergensi di lapisan bawah lemah (15-20 knot), divergensi lapisan atas meningkat dibanding jam 15 UTC (20-30 knot).

Ia menjelaskan shear vertikal dalam kondisi lemah-sedang dengan kecepatan sekitar 10-20 knot, namun vortisitas lapisan bawah masih cukup kuat.

"Berdasarkan model WRF dan IFS, sistem ini bergerak ke arah selatan - barat daya dan berpotensi untuk mencapai intensitas siklon tropis dalam enam jam ke depan," demikian Bambang Setiajid.

Baca juga: Waspadai gelombang tinggi di perairan NTT
Baca juga: Waspadai gelombang dan angin kencang di perairan NTT
Seorang nelayan dengan perahu tradisionalnya sedang berusaha melewati gelombang laut di wilayah perairan Lhokseumawe, Aceh. (ANTARA FOTO/Rahmad)