11.000 sapi dari NTT untuk kebutuhan Idul Adha di Jakarta dan Kalimantan

id Sapi

11.000 sapi dari NTT untuk kebutuhan Idul Adha di Jakarta dan Kalimantan

Pengiriman sapi untuk kebutuhan Idul Adha 1440 H. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj/foc)

Provinsi Nusa Tenggara Timur mengirimkan 11.000 ekor sapi ke DKI Jakarta dan Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan daging pada perayaan Idul Adha 2019 yang jatuh pada 11 Agustus mendatang.
Kupang (ANTARA) - Provinsi Nusa Tenggara Timur mengirimkan 11.000 ekor sapi ke DKI Jakarta dan Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan daging pada perayaan Idul Adha 2019 yang jatuh pada 11 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Peternakan NTT Dani Suhadi kepada ANTARA di Kupang Selasa (6/8), mengatakan 11.000 ekor sapi itu terhitung pengirimannya mulai akhir Juni sampai Awal Agustus.

""Efektif pengiriman belasan ribu sapi itu dilakukan pada awal Juli. Namun, pada dasarnya sejak akhir Juni memang sudah ada beberapa yang sudah dikirim dengan menggunakan kapal Tol Laut Sabuk Nusantara yang dikelola PT ASDP," katanya.

Dany mengaku bahwa jumlah sapi yang dikirim ke dua wilayah itu yakni DKI Jakarta dan Kalimantan jumlahnya hampir sama. "Secara spesifik saya lupa jumlahnya, tetapi bahwa selisih jumlahnya tidak berbeda jauh antara DKI dan Kalimantan," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga sudah mendapatkan sapi bantuan Presiden untuk diberikan kepada masyarakat di NTT saat Idul Adha nanti.

Dani mengatakan bahwa sapinya saat ini sudah ada dan penjualnya sudah menjual dengan harga Rp75 juta. "Untuk sapi bantuan Presiden sudah ada. Beberapa hari yang lalu tim dari istana sudah datang dan mengecek langsung dan mereka setuju," tuturnya.

"Sapi yang memiliki berat 980 kilogram itu akan diberikan kepada NTT dan kali ini untuk Masjid Nurul Iman Kota Kupang," demikian Dani Suhadi.

Baca juga: Untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, Kota Kupang pasok 300 ekor sapi potong
Baca juga: NTT targetkan populasi ternak sapi sampai dua juta ekor