Cosmas Batubara meninggal dunia

id Cosmas batubara

Cosmas Batubara meninggal dunia

Cosmas Batubara (ANTARA FOTO/Saptono)

Mantan Menteri Tenaga Kerja era pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Cosmas Batubarara, tutup usia di Rumah Sakit Kencana, Jakarta, pada Kamis (8/8).
Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Tenaga Kerja era pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Cosmas Batubarara, tutup usia di Rumah Sakit Kencana, Jakarta, pada Kamis (8/8).

"Telah Berpulang ke Rumah Bapak di Surga Suami/Ayah/Opung yang kami Cintai Bapak Cosmas Batubara (Mantan Meteri Tenaga Kerja RI) pada Hari Kamis, 08 Agustus 2019 di Rumah Sakit Kencana," tulis isi pesan yang disebarkan oleh Michael Manurung, cucu dari Cosmas Batubara.

Cosmas Batubara lahir di Purbasaribu, Simalungun, 19 September 1938 (usai 80 tahun) adalah politisi Partai Golkar yang pernah menempati beberapa posisi penting di pemerintahan dalam era Presiden Soeharto.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja, dia juga pernah memangku tugas sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat dan Menteri Negara Perumahan Rakyat. Ketiga posisi itu diembannya dalam masa pemerintahan mantan Presiden Soeharto.

Pada masa Mahasiswanya dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani.

Cosmas merupakan pelopor gerakan mahasiswa angkatan 1966 dan saat ini menjabat sebagai petinggi di beberapa perusahaan seperti Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk, Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk, dan Komisaris PT Intiland Development Tbk.
Wapres Jusuf Kalla (kiri) menerima tanda mata dari mantan Menpera Cosmas Batubara usai menjadi keynote speaker dalam pembukaan seminar "Membedah Pemikiran & Langkah Ekonomi Mr. Sjafruddin Prawiranegara" di Jakarta, Rabu (27/4). (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021