200 KK di Goreng Meni punya jamban sehat berkat Dana Desa

id dana desa

200 KK di Goreng Meni punya jamban sehat berkat Dana Desa

Pemerintah Desa Goreng Meni di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, juga memanfaatkan Dana Desa untuk membantu memperbaiki rumah warga. (ANTARA/Dok. Desa Goreng Meni)

"Yang telah memiliki jamban sehat di Desa Goreng Meni mencapai 200 kepala keluarga dari 276 kepala keluarga," kata Mikael Mu.
Kupang (ANTARA) - Desa Goreng Meni di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, menggunakan Dana Desa antara lain untuk membangun jamban sehat bagi 200 kepala keluarga.
 
"Yang telah memiliki jamban sehat di Desa Goreng Meni mencapai 200 kepala keluarga dari 276 kepala keluarga," kata Sekretaris Desa Goreng Meni Mikael Mu kepada ANTARA di Kupang, Minggu (1/9).

Ia menjelaskan, dalam pembangunan jamban sehat itu warga menyediakan material seperti kayu dan batu, sedang pemerintah desa menyediakan kloset, seng, paku, besi, serta bahan bangunan yang lain menggunakan Dana Desa.

"Masyarakat secara bergotong royong terlibat dalam pembangunan jamban sehat itu, mulai menggali lubang WC sampai pembangunan jamban dilakukan warga secara gotong royong," kata Mikael Mu.

Baca juga: Ribuan warga miskin memiliki jamban sehat

Ia menjelaskan bahwa sarana air bersih juga sudah dibangun di Kampung Tuwa, Pau, Rentung, dan Dawung di desa tersebut.

"Jaringan air bersih untuk konsumsi warga maupun untuk kebutuhan MCK sudah tidak menjadi masalah karena sudah tersedia guna memenuhi kebutuhan 1.375 warga Desa Goreng Meni," katanya.

Guna mendukung upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, ia melanjutkan, pemerintah desa juga rutin menyediakan makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak usia di bawah lima tahun menggunakan sebagian Dana Desa.

Baca juga: 323 Jamban Sehat Untuk Amfoang
Baca juga: Gotong Royong Bangun Jamban Sehat