Birokrasi harus pastikan rakyat nikmati hasil pembangunan

id pelantikan

Birokrasi harus pastikan rakyat nikmati hasil pembangunan

Tangkapan layar video menampilkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin usai penandatanganan berita acara pelantikan bersama pimpinan MPR RI di Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Minggu (20/10/2019). (Tangkapan layar video BPMI, Setpres)

Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tugas birokrasi harus memastikan bahwa rakyat menikmati hasil pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

"Seringkali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya “Programnya sudah terlaksana Pak.” Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat. Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya," kata Presiden usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 di Gedung MPR, Jakarta, Minggu.

Menurut Jokowi, kerja pemerintah jangan lagi berorientasi proses, tapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata.

Baca juga: Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi Presiden dan Wapres RI
Baca juga: Jokowi : penyederhanaan birokrasi terus dilakukan

Ia menuturkan bahwa dirinya sering mengingatkan ke para menteri, tugas pemerintah bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan.

Cara mengecek apakah rakyat sudah merasakan hasil pembangunan itu mudah. Jokowi menganalogikan seperti mengirim pesan melalui SMS atau Whatsapp. Ada sent, artinya telah terkirim. Ada delivered, artinya telah diterima. Tugas pemerintah itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent.

"Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat," ujar Presiden.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar