Abate cegah meluasnya DBD di Kabupaten Sikka

id Abate

Abate cegah meluasnya DBD di Kabupaten Sikka

Bupati Sikka Fransisko R Diogo sedang memantau pasien DBD di RSUD TC Hillers Maumere, Jumat (24/01/2020). (ANTARA FOTO/HO-Humas Setda Kabupaten Sikka.)

Pembagian abate dilakukan oleh semua puskesmas di Kabupaten Sikka dengan sasaran 200.000 kepala keluarga.
Kupang (ANTARA) - Bupati Sikka Fransisko R Diogo menginstruksikan seluruh petugas kesehatan di 24 puskesmas yang ada di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur untuk membagikan bubuk abate kepada masyarakat setempat guna mencegah meluasnya serangan demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sikka Awales Syukur ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (24/1) mengatakan pembagian abate dilakukan oleh semua puskesmas di Kabupaten Sikka dengan sasaran 200.000 kepala keluarga.

Awales Syukur mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Sikka dalam melakukan pencegahan meluasnya serangan penyakit DBD.

Abate yang dibagikan itu kemudian ditaburkan pada bak-bak penampungan air milik warga agar terhindar dari jentik-jentik nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab lahirnya DBD di Tanah Sikka.
Petugas Dinkes Manggrai Barat sedang menaburkan bubuk abate pada genangan air di sekitar pemukiman penduduk akibat banjir di Kabupaten Manggarai Barat. (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemkab Manggarai Barat) 
Pemerintah Kabupaten Sikka telah menetapkan kasus DBD sebagai kejadian luar biasa (KLB), agar bisa dilakukan penanganan secara total.

Semua petugas puskesmas hari ini (Jumat, 24/1/2020) di kerahkan untuk membagikan abate secara cuma-cuma kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap meluasnya kasus DBD di Sikka.

Selain melakukan pembagian abate, pemerintah juga melakukan kegiatan bakti sosial di seluruh Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan ASN di daerah itu untuk membersihkan sampah dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kegiatan bakti sosial ini, kata Awales Syukur, dipimpin langsung oleh Bupati Sikka Fransisko R Diogo dengan melakukan kegiatan kebersihan di Pasar Geliting dan Pasar Alok. 
Wakil Wali Kota Jambi H Maulana tengah menaburkan serbuk abate ke bak penampungan di salah satu rumah warga di kawasan Pasir Putih Kota Jambi, (ANTARA FOTO/HO-Humas Kota Jambi) (/)