RS Undana Kupang jadi pusat penanganan pasien Corona

id rumah sakit undana,rumah sakit covid,covid-19,penanganan corona,virus corona,corona,2019-ncov,novel coronavirus 2019

RS Undana Kupang jadi pusat penanganan pasien Corona

Rumah Sakit Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang di Nusa Tenggara Timur disiapkan sebagai pusat perawatan pasien COVID-19 di NTT.(ANTARA/Benny Jahang)

Rumah Sakit Pendidikan Undana belum dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur untuk pasien rawat inap, karena itu pemerintah provinsi akan menyediakannya.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan Rumah Sakit milik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang sebagai pusat perawatan alternatif bagi pasien Corona.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat saat menyampaikan keterangan pers di Kupang, Selasa (24/3), mengatakan bahwa pemerintah provinsi berupaya menyiapkan fasilitas kesehatan memadai untuk mendukung penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe baru tersebut.

"Kami sudah koordinasikan dengan pihak Undana untuk menggunakan RS Pendidikan sebagai rumah sakit darurat untuk tempat perawatan pasien corona apabila terjadi lonjakan jumlah pasien COVID-19 di NTT," katanya.

Viktor mengatakan bahwa Rumah Sakit Pendidikan Undana belum dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur untuk pasien rawat inap, karena itu pemerintah provinsi akan menyediakannya.

Pemerintah provinsi, menurut dia, juga akan menyalurkan 500 paket alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis di rumah sakit rujukan penanganan OVID-19 di NTT.

"Alat perlindungan diri ini hanya untuk petugas medis yang menangani pasien COVID-19," kata Viktor.

"Kami telah melakukan komunikasi dengan sejumlah perusahaan untuk melakukan pengadaan fasilitas APD dengan jumlah yang sangat banyak untuk kepentingan daerah ini," ia menambahkan.
Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (kiri) bersama Wakil Gubernur Josef A Nae Soi (kedua dari kanan) serta sejumlah anggota Muspida di NTT melihat secara langsung kondisi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang yang disiapkan untuk menjadi rumah sakit darurat untuk merawat pasien COVID-19. (ANTARA/ Benny Jahang)


 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar