Harga Barang Kebutuhan Pokok Masih Stabil

id Sembako

Harga Barang Kebutuhan Pokok Masih Stabil

Harga kebutuhan pokok di pasaran Kupang relatif masih stabil menjelang Ramadhan 1438 H

"Secara umum ada harga yang naik, namun tidak terlalu signifikan. Tetapi dari hasil pantauan harga 10 bahan kebutuhan pokoknya masih relatif stabil," kata Dody Edward.
Kupang (Antara NTT) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menilai harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur secara umum masih stabil.

"Secara umum ada harga yang naik, namun tidak terlalu signifikan. Tetapi dari hasil pantauan harga 10 bahan kebutuhan pokoknya masih relatif stabil," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward di Kupang, Rabu.

Ia menyebutkan 10 bahan kebutuhan pokok tersebut mulai dari beras, gula, minyak goreng, cabai (kriting, rawit dan cabai besar), bawang Merah dan bawang putih, daging, telur ayam, kacang kedelai dan terigu.

Dalam pantauan hari kedua di Kota Kupang sendiri tim dari Kemendag, yang didampingi oleh Wakil Walikota Kupang Hermanus Man, Kepala Dinas Perdagangan NTT Simon Tokan, Kepala BI Perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga, serta anggota Komisi XI DPR Ferry Kase meninjau dua pasar tradisional di Kota Kupang.

Pantauan harga kebutuhan pokok itu dilakukan di dua pasar yakni pasar Kasih Naikoten dan pasar Oebobo Kota Kupang.

Menurutnya untuk harga daging ayam saat ini harganya berkisar dari Rp50 ribu hingga Rp60 ribu. Dan hal itu menurutnya masih dalam kondisi yang stabil.

"Namun harga kebutuhan lain seperti bawang sendiri cukup tinggi naiknya, dan menurut pengakuan dari para pegangan harganya sudah naik sejak awal Mei," tambahnya.

Harga bawang Putih sendiri menurutnya yang sebelumnya harganya hanya berkisar dari Rp35 ribu hingga Rp40 ribu, saat ini sudah naik menjadi Rp50 ribu per kilogramnya.

Ia menambahkan saat bertemu dengan para pedagang dirinya bersama timnya sudah memastikan bahwa sejumlah pasokan kebutuhan pokok akan dijamin oleh pemerintah agar ketersediaan di pasar tetap ada.

Terkait prediksi kenaikan harga, pihak dari Kemendag sendiri mengharapkan agar tidak ada kenaikan harga lagi saat jelang hari raya keagamaan.

"Para pedagang sendiri juga meminta agar stok kebutuhan pokok itu selalu tersedia agar tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran," tambahnya.

Tim dari Kemendag juga selain meninjau harga kebutuhan pokok di pasar, pihaknya juga meninjau berbagai stok kebutuhan pokok di gudang-gudang distribusi di Tenau, di kota itu.

Sebelumnya pada pantauan hari pertama pada Selasa (9/5) kemarin di sejumlah ritel atau pasar modern di Kota Kupang seperti Hypemart dan Spar di Flobamora Mall, pihaknya mengecek tiga barang kebutuhan pokok yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk satu harga di seluruh pusat perbelanjaan.

Ketiga komoditas tersebut adalah gula pasir yang harganya ditetapkan pemerintah menjadi Rp12.500 perkilogram, minyak goreng Rp11.000 per liter, dan daging eceran diberi harga tertinggi mencapai Rp80 ribu.