Pemprov NTT sebut pariwisata punya peran penting bagi ekonomi daerah

id Pariwisata, NTT, Kota Kupang

Pemprov NTT sebut pariwisata punya peran penting bagi ekonomi daerah

Wagub NTT Josef Nae Soi saat memberikan kata sambutan di Lapangan Pancasila Ende, Kamis (13/8/2020). ANTARA/HO-Humas Pemprov NTT.

Provinsi NTT dikenal dengan destinasi-destinasi pariwisata terbaik dan menjadi daya tarik bagi turis mancanegara. Hal tersebut sangat berpeluang untuk peningkatan ekonomi di provinsi ini
Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi menyebutkan pariwisata mempunyai manfaat yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Provinsi NTT dikenal dengan destinasi-destinasi pariwisata terbaik dan menjadi daya tarik bagi turis mancanegara. Hal tersebut sangat berpeluang untuk peningkatan ekonomi di provinsi ini," katanya saat menghadiri pembukaan Festival Danau Kelimutu dan Pelangi Nusantara 2020 serta peresmian Paralayang di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, NTT, Kamis, (13/8).

Baca juga: BPPD NTT gencar promosikan pariwisata secara digital

Ia mengatakan bahwa NTT ini kini dikenal dengan sebutan "New Teritory Tourism" dan dunia internasional sudah mengenal betul wisata di NTT.

"Maka tentu akan menjadi poros penggerak utama mata rantai nilai ekonomi di NTT. Untuk itu maka kita harus mendukung dengan 5A. Diantaranya Atraktif, Akomodasi, Aksesbilitas, Amenities dan Awareness," ujar Josef.

Josef juga menjelaskan mengenai pentingnya toleransi. "Dengan dibukanya festival ini Kelimutu ini di tempat bersejarah ini sebagai tempat lahirnya Pancasila, maka saya mau agar kita bisa menjaga keragaman yang ada. Kita rayakan dengan semangat Pancasila semangat kesatuan," jelasnya.

Sementara itu Bupati Ende, H. Djafar H. Ahmad mengatakan terima kasih kepada Pemprov NTT yang sudah mendukung digelarnya Festival Kelimutu yang sudah menjadi ajang tahunan itu dalam rangka kembali meningkatkan kunjungan wisatawan setelah dalam beberapa bulan terakhir kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ende ditutup akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Dubes Seychelles jajaki potensi pariwisata 17 pulau Riung

Baca juga: Pemprov NTT minta destinasi nominasi API 2020 dipromosikan secara masif


"Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov NTT yang sudah mendukung kegiatan ini. Kami juga setiap bulan Agustus dengan kegiatan ini juga kami libatkan 'mosa laki' dari 21 kecamatan di kabupaten Ende. Selain itu juga kami sampaikan ucapan terima kasih kepada TNI yang sudah memilih kabupaten Ende menjadi lokasi kegiatan pelangi Nusantara," ujar dia.

Ia berharap agar kegiatan itu akan semakin menambah minat pariwisata dan juga akan mendukung pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi NTT.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar