Baru satu ZOM di NTT masuki musim hujan

id bmkg,musim hujan di ntt

Baru satu ZOM di NTT masuki musim hujan

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru (ANTARA/Bernadus Tokan)

Saat ini sebagian besar zona musim masih dalam musim pancaroba. Hanya baru satu zona musim 242 saja yang sudah memasuki musim hujan 2020/2021
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan baru satu dari 24 zona musim (ZOM) di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah memasuki musim hujan.

"Saat ini sebagian besar zona musim masih dalam musim pancaroba. Hanya baru satu zona musim 242 saja yang sudah memasuki musim hujan 2020/2021," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru kepada ANTARA, di Kupang, Rabu (4/11)

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan musim hujan tahun 2020/2021 di provinsi berbasis kepulauan itu.

Menurut dia, ZOM 242 tersebut meliputi wilayah Manggarai bagian tengah, Manggarai Barat bagian tengah dan Manggarai Timur bagian tengah. Semua wilayah ini berada di ujung barat Pulau Flores.
Baca juga: BMKG deteksi 1.369 titik panas di NTT pada Januari-Oktober
Baca juga: Sejumlah wilayah di NTT masih alami hari tanpa hujan


Dia menambahkan, hujan yang terjadi di sejumlah wilayah di NTT selama satu bulan terakhir ini karena NTT wilayah NTT berada dalam masa transisi antara musim panas dan musim hujan.

"Zona musim yang lain masih dalam masa transisi. Hujan yang terjadi saat ini belum masuk kriteria musim hujan," katanya menjelaskan.

Karena itu, dia mengimbau para petani segera menyiapkan lahan untuk menanam tanaman yang cocok pada musim hujan untuk menghindari gagal tanam. 
 
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar