KPUD Sumba Barat tetapkan 82.649 orang dalam DPT

id DPT, NTT, Sumba Barat,kpu sumba barat

KPUD Sumba Barat tetapkan 82.649 orang dalam DPT

Arsip Seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berpakaian adat Timor mengawasi warga yang akan memasukan surat suara kedalam Kotak Suara di TPS 001 desa Silawan kabupaten Belu,NTT Rabu (17/4/2019). KPPS setempat sengaja menggunakan pakaian adat untuk menunjukkan jati diri masyarakat di perbatasan. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Para pemilih yang masuk dalam DPT tersebut terdiri dari 41.815 pemilih lak-laki dan 40.843 pemilih perempuan
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, telah menetapkan sebanyak 82.649 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang akan menggunakan hak pilih pada Pilkada 2020 mendatang di daerah itu.

"Para pemilih yang masuk dalam DPT tersebut terdiri dari 41.815 pemilih lak-laki dan 40.843 pemilih perempuan," kata Juru Bicara KPU Sumba Barat Teguh Rahardjo kepada ANTARA saat dihubungi dari Kupang, Kamis, (26/11).

Menurut dia, para pemilih tetap tersebut tersebar di enam kecamatan, yakni di Kota Waikabubak, Lamboya Barat, Loli, Lamboya, Tana Righu dan terakhir adalah kecamatan Wanokaka dengan jumlah desa mencapai 74 desa.

Baca juga: Logistik pilkada Sumba Barat sudah tiba

Dia menambahkan pemilih terbanyak terdapat di Loli yakni mencapai 19.759 pemilih, yang tersebar di 14 desa/kelurahan di kabupaten itu.

Kemudian disusul oleh kecamatan Kota Waikabubak dengan jumlah pe,ilih mencapai 18.697 pemilih dan terdiri dari 9.322 pemilih laki-laki dan 9.375 pemilih perempuan yang tersebar di 13 desa/ kelurahan di kabupaten itu.

Pemilih terbanyak ketiga terdapat di kecamatan Tanah Righu dengan jumlah pemilih 14. 680 orang, terdiri dari 7.438 pemilih laki-laki dan 7.242 pemilih perempuan.Sementara pemilih paling sedikit terdapat di kecamatan Lamboya Barat, dengan jumlah pemilih sebanyak 5.350 pemilih

Para pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap ini akan menggunakan hak suara pada 267 tempat pemungutan suara (TPS), yang tersebar di 74 desa/kelurahan.

Sementara itu terkait jumlah calon kepala daerah, ujar dia ada empat pasangan calon bupati dan wakil bupat yang akan bertarung dalam Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Sejumlah pasangan calon bupati-wakil bupati tersebut antara lain .Agustinus Niga Dapawole-Gregorius HBL Pandango (paket Niga-Oris) yang diusung partai Gerindra, Nasdem dan PAN.

Baca juga: Calon Bupati Sumba Barat janji lakukan vaksin COVID-19 masal

Kemudian pasangan Marthen Ngailu Toni-.Agustinus Bernadus Bora (paket Toni-Agus) diusung partai PDIP dan PKB. Lalu pasangan Daniel Bili-Timotius Ragga, (paketAnimo) diusung partai Golkar, Hanura dan PSI.

Dan terakhir adalah paket Yohanes Dade-John Lado Bora Kabba (paket John-John) diusung partai Demokrat dan Perindo.

Teguh menambahkan bahwa saat ini keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati itu sedang mengikuti debat kandidat terakhir.