BMKG: Baru dua zona musim di NTT masuki musim hujan

id bmkg,musim hujan di ntt,ntt

BMKG: Baru dua zona musim di NTT masuki musim hujan

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru (ANTARA/Bernadus Tokan)

zona musim di NTT yang sudah memasuk musim hujan adalah ZOM 241 dan 242
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang mencatat baru dua dari 23 zona musim (zom) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah memasuki musim hujan 2020/2021.

"Hingga akhir November 2020 (terbaru pada 30 November 2020), zona musim di NTT yang sudah memasuk musim hujan adalah ZOM 241 dan 242," Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru, Jumat (4/12).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan musim hujan tahun 2020/2021 di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Menurut dia, zona musim 241 meliputi wilayah Manggarai Barat bagian barat dan zona musim 242 meliputi wilayah Manggarai Barat bagian utara, Manggarai, Manggarai Timur dan Ngada bagian utara.

Sedangkan 21 ZOM yang lain secara kategori belum masuk musim hujan, walaupun sudah terjadi hujan, katanya menambahkan.

BMKG kata dia, memprakirakan pada pertengahan (dasarian 2) Desember 2020 semua ZOM NTT (23 ZOM) telah memasuki musim hujan.

Dalam hubungan dengan itu, dia mengingatkan petani untuk tidak menanam dulu karena berpotensi terjadi gagal tanam. 

Baca juga: BMKG : waspadai masa peralihan musim
 
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar