FLM-pilot Garuda salurkan bantuan kesehatan bagi pengungsi Lembata

id Forum Lembata Memanggil,Asosiasi Pilot Garuda,Gunung Ili Lewotolok,Kabupaten Lembata, NTT,bantuan kesehatan,pengungsi

FLM-pilot Garuda salurkan bantuan kesehatan bagi pengungsi Lembata

Pihak Forum Lembata Memanggail (FLM) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) berpose bersama saat penyerahan bantuan obat-obatan di Bandara El Tari Kupang,NTT, pada Rabu (16/12/2020). (ANTARA/HO-Forum Lembata Memanggil)

Kami terpanggil dan terlibat dalam bantuan kemanusian ini untuk mengurangi penderitaan saudara-saudara kita di Lembata yang terdampak bencana erupsi
Kupang (ANTARA) - Warga yang tergabung dalam Forum Lembata Memanggil (FLM) Jakarta menggandeng Asosiasi Pilot Garuda (APG) untuk menyalurkan bantuan kesehatan kepada  para pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

“Bantuan kesehatan yang kami salurkan ini berupa obat-obatan disertai tenaga dokter sebanyak dua orang," kata Ketua Umum FLM Jakarta Bernard Tifaona dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (18/12).

Tenaga dokter yang dikirim, kata dia, akan membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi yang masih bertahan di pos pengungsian.

Selain obat-obatan dan tenaga dokter, pihaknya juga mengirim bantuan berupa alat tes cepat atau rapid test yang disediakan pihak Sutera Parma untukk upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan pengungsian.

"Melihat kebutuhan masyarakat terdampak bencana maka bantuan kesehatan ini kami prioritaskan dengan harapan agar masyarakat pengungsi mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik," katanya.

Sementara itu perwakilan Asosiasi Pilot Garuda Captain Isays Sampesule mengatakan dalam kerja sama ini pihaknya yang membantu pengangkutan bantuan dari Jakarta menuju Kupang dan selanjutnya diupayakan dengan kapal laut menuju Lembata.

"Kami juga terpanggil untuk terlibat dalam bantuan kemanusian ini untuk mengurangi penderitaan saudara-saudara kita di Lembata yang terdampak bencana erupsi," katanya.

Ia beharap bantuan kesehatan ini dapat dimanfaatkan dan berkontribusi dalam memulihkan kondisi warga terdampak bencana erupsi Gunung Ili Lewotolok.

Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata mengalami erupsi pada Jumat (27/11) dan Minggu (29/11) yang mengakibatkan ribuan warga mengungsi ke Kota Lewoleba ibu kota kabupaten.

Baca juga: Masyarakat Kutai Timur bantu korban bencana Lembata

Baca juga: Masa tanggap darurat bencana Lembata diperpanjang


Pemerintah Kabupaten Lembata telah menetapkan status darurat bencana di daerah setempat akibat erupsi tersebut.