Kupang gandeng mahasiswa hijaukan kawasan kota

id NTT,tanam pohon,wali kota,kota kupang

Kupang gandeng mahasiswa hijaukan kawasan kota

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore ketika melakukan penanaman pohon di ruas jalur 40, Kota Kupang, Sabtu (19/12). (Antara/ Benny Jahang)

Peran mahasiswa sangat penting dalam menyukseskan Program Kupang Hijau melalui penanaman pohon yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, menggandeng mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) untuk menanam pohon guna menghijaukan kawasan perkotaan melalui Program Kupang Hijau.

"Peran mahasiswa sangat penting dalam menyukseskan Program Kupang Hijau melalui penanaman pohon yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang," kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Kupang, Minggu, (20/12).

Ia mengatakan hal itu terkait dengan dukungan mahasiswa Undana Kupang dalam penanaman ratusan pohon di sepanjang ruas jalur 40 Kota Kupang guna mendukung Program Kupang Hijau.

Jefri mengatakan, cuaca di Kota Kupang semakin panas sehingga perlu dilakukan penanaman pohon guna menghijaukan kawasan kota.

Ia mengatakan penanaman pohon dilakukan para mahasiswa Undana Kupang sebagai aksi peduli akan gerakan menghijaukan Kota Kupang.

"Pohon-pohon yang ditanam sangat membantu dalam membuat Kota Kupang menjadi sejuk. Bukan hanya itu, pohon-pohon yang ditanam memiliki manfaat yang sangat penting yaitu sebagai penyerapan air sehingga ke depan Kota Kupang tidak hanya menjadi sejuk namun penyediaan air tanah juga menjadi semakin baik," kata Jefri.

Ia mengapresiasi warga dan mahasiswa di daerah ini yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon untuk mendukung gerakan Kupang Hijau dan aksi peduli hijaukan Kota Kupang.
Para mahasiswa Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan penanaman pohon di ruas jalur 40 sebagai bentuk dukungan menyukseskan program Kupang Hijau. (Antara/ Benny Jahang)

Menurut dia, penanaman pohon yang dilakukan saat ini akan berdampak pada 10 atau 20 tahun ke depan dengan kondisi kawasan Kota Kupang yang hijau dan sejuk pada musim kemarau.

Baca juga: APBD Kota Kupang tahun 2021 ditetapkan Rp1,1 triliun

Baca juga: Pemkot Kupang apresiasi pemerintah pusat bangun RSUP di NTT


"Penanaman pohon ini merupakan bentuk tanggung jawab masyarakat Kota Kupang yang menginginkan kota ini dihijaukan oleh pepohonan yang memberikan banyak dampak positif," kata dia.