AP I dan Lanud EL Tari Kupang tanam 300 anakan

id Lanud El Tari Kupang,NTT,Kota Kupang,AP I Bandara EL Tari Kupang

AP I dan Lanud EL Tari Kupang tanam 300 anakan

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang Lilik Pujianto (kiri) dan Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto (kanan) bersama sejumlah personel dan karyawan AP I Bandara EL Tari Kupang melakukan penanaman anakan pohon di Kupang, Jumat (8/3/2024). ANTARA/Kornelis Kaha

...Hari ini kita tanam 300 anakan berbagai jenis pohon yang dilakukan serentak seluruh Indonesia oleh In Journey grup dan di Kupang AP I menggandeng Lanud El Tari Kupang, kata General Manajer PT AP I Bandara Internasional El Tari Kupang Lilik Pujiant
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang bersama dengan Lanud El Tari melakukan penanaman 300 anakan berbagai jenis pohon yang berdaya ekonomi di lahan 48 milik lanud setempat sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT AP I.

"Hari ini kita tanam 300 anakan berbagai jenis pohon yang dilakukan serentak seluruh Indonesia oleh In Journey grup dan di Kupang AP I menggandeng Lanud El Tari Kupang," kata General Manajer PT AP I Bandara Internasional El Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Jumat, (8/3/2024).

Dia mengatakan penanaman anakan pohon itu tidak hanya tanaman untuk penghijauan, tetapi juga tanaman produktif, seperti mangga dan durian, yang berdaya ekonomi jika hasil sudah dipanen.

Secara keseluruhan, katanya, AP I menanam kurang lebih 6.000 anakan pohon di seluruh wilayah tugasnya, sedangkan AP I Bandara Internasional El Tari Kupang 300 anakan.

Dia berharap lima tahun ke depan, selain penghijauan tercapai, pihaknya bisa menikmati buah dari hasil penanaman tersebut.

"Secara simbolis kita tanam pada pagi hari ini ada 50 anakan pohon berbagai jenis, tetapi nanti sisanya akan dibagikan agar bisa ditanami di lahan ini," ujar dia.

Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto mengatakan secara umum luas area lahan kosong di lanud setempat mencapai 512 hektare.

Nantinya, sisa dari anakan pohon yang belum ditanami bersama itu akan ditanam di lahan lainnya agar bisa menghijaukan area Lanud El Tari Kupang.

"Memang di sini pohonnya masih jarang karena memang semuanya batu karang. Tetapi kami menyambut gembira karena lahan yang sebelumnya tidak ada pohonnya akhirnya bisa ditanami dan bisa dihijaukan," ujar dia.

Orang nomor satu di Lanud El Tari Kupang itu, mengatakan aksi penanaman sejumlah anakan pohon itu selain sebagai pelestarian lingkungan juga bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Terkait dengan ketahanan pangan itu, katanya, tanaman produktif yang bisa dinikmati hasilnya dan bisa bernilai ekonomi.

Dia optimistis jika hasil penanaman sudah bisa dipanen akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Lanud El Tari Kupang.

Baca juga: AP I Bandara El Tari salurkan bantuan pendidikan bagi anak difabel

Dengan luas lahan 512 hektare itu, katanya, tentunya masih kurang jika hanya 300 anakan berbagai jenis pohon itu yang ditanam di lahan tersebut.

Baca juga: AP I sebut Kehadiran AirAsia di Kupang bantu arus mudik Natal-Tahun Baru

Baca juga: AP I sebut kebakaran lahan di Bandara El Tari ganggu penerbangan


"Tetapi jika ada yang mau menyumbang anakan pohon lagi untuk ditanam di sini kami sangat senang sekali," ujar dia.