Populasi ternak sapi di NTT tembus 1 juta ekor

id NTT,populasi ternak di ntt

Populasi ternak sapi di NTT tembus 1 juta ekor

Dokumentasi. Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man melihat kondisi ternak sapi milik peternak saat melakukan konteks ternak pada April 2020. (Antara/ Benny Jahang)

Dengan satu juta ekor ternak sapi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTT itu merupakan suatu modal ekonomi untuk mengerahkan usaha ekonomi masyarakat NTT
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur menyebutkan populasi ternak sapi yang berhasil dikembangkan para peternak sapi di daerah ini menembus satu juta ekor pada 2020.

"Populasi ternak sapi di NTT hingga tahun 2020 terus mengalami pertumbuhan yang signifikan sehingga mampu menembus 1 juta ekor," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Marius Ardu Jelamu di Kupang, Kamis (31/12).

Ia mengatakan, Pemerintah NTT telah menetapkan sektor Peternakan sebagai salah satu sektor unggulan, karena memiliki kontribusi yang besar terhadap pembangunan ekonomi masyarakat.

Dia mengatakan, ternak sapi yang mencapai 1 juta ekor itu merupakan hasil usaha dilakukan peternak dan tujuh investor yang bergerak dalam usaha peternakan.


Baca juga: NTT sediakan 109 traktor dukung program TJPS
Baca juga: NTT targetkan produksi jagung 33 ribu ton lewat program TJPS


"Dengan satu juta ekor ternak sapi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTT itu merupakan suatu modal ekonomi untuk mengerahkan usaha ekonomi masyarakat NTT," kata Marius.

Ia mengatakan, meningkatnya populasi ternak sapi di provinsi berbasis kepulauan ini berkat kerja keras pemerintah NTT yang terus mendorong peternak mengembangkan usaha ternak secara profesional dari sebelumnya lebih mengarah pada pola tradisional.

"Apabila sebelumnya ternak dibiarkan di padang tetapi saat ini sudah mulai pada pola peternakan yang lebih moderen dengan mengkandangkan ternak sehingga bobot ternak terus meningkat,"tegas Marius.

Marius optimistis dalam kepemimpinan Gubernur NTT, Viktor Bungtilus Laiskodat dan Wakil Gubernur, Josef Nae Soi pembangunan sektor peternakan akan bertumbuh dengan pesat karena berbagai inovasi untuk percepatan pembangunan peternakan terus dilakukan.

Marius menambahkan, pemerintah NTT juga sedang mempersiapkan pembangunan pabrik pakan ternak pertama di NTT guna mendukung pembangunan sektor peternakan. 
 
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar