Dwigol Halland mantapkan langkah Dortmund ke perempat final liga Champion

id liga champions,dortmund,sevilla,erling haaland,youssef en nesyri

Dwigol Halland mantapkan langkah Dortmund ke perempat final liga Champion

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol keduanya ke gawang Sevilla dalam leg kedua 16 besar Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa (9/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Leon Kuegeler)

Hasil itu cukup bagi Dortmund untuk menegaskan keunggulan mereka dalam dua leg 16 besar
Jakarta (ANTARA) - Dwigol yang dicetak Erling Haaland memantapkan langkah Borussia Dortmund ke babak perempat final Liga Champions kendati mereka diimbangi Sevilla 2-2 dalam pertandingan leg kedua 16 besar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil itu cukup bagi Dortmund untuk menegaskan keunggulan mereka dalam dua leg 16 besar yang berakhir dengan skor agregat 5-4 atas Sevilla, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sevilla, yang tiba dibebani tugas membalikkan kekalahan 2-3 di leg pertama, mengawali pertandingan dengan agresif tetapi tembakan jarak jauh Lucas Ocampos masih mampu dimentahkan oleh kiper Marwin Hitz.

Tim tamu kembali menciptakan peluang pada menit ke-20, sayang tembakan Suso menyambut umpan kiriman Ocampos masih melenceng tipis di sisi luar tiang gawang.

Kendati lebih banyak di bawah tekanan, Dortmund justru memecahkan kebuntuan dan membuka keunggulan pada menit ke-35 saat umpan tarik Marco Reus diselesaikan sempurna oleh Haaland di mulut gawang.

Keunggulan bertahan hingga turun minum dan empat menit memasuki babak kedua, Haaland kembali menyarangkan bola ke gawang Sevilla.

Akan tetapi, gol itu dianulir oleh wasit Cuneyt Cakir atas masukan VAR dan Dortmund malah menerima hadiah tendangan penalti setelah menilai Haaland terlebih dulu dilanggar oleh Jules Kounde.

Eksekusi penalti juga sarat drama, sebab tendangan pertama Haaland mampu dihentikan oleh Bono, tetapi kiper itu dinilai wasit terlalu cepat meninggalkan garisnya sehingga eksekusi harus diulang.

Dalam kesempatan kedua Haaland mengarahkan tendangannya ke pojok kanan bawah gawang demi menggandakan keunggulan Dortmund pada menit ke-53.

Pada menit ke-68, giliran Sevilla yang memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Emre Can didakwa mendorong Luuk de Jong di dalam kotak terlarang.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Youssef En-Nesyri yang dingin mengarahkan eksekusi penaltinya ke tengah, menghantam mistar gawang sebelum melesak ke dalam jadi gol.

Lima menit jelang bubaran waktu normal, Dortmund hampir mengunci kemenangan mereka lebih awal ketika Mahoud Dahoud menyelesaikan kerja sama umpan satu dua bersama Haaland dengan sepakan jarak dekat, sayangnya Bono mampu menghalau peluang tersebut.

Kendati waktu kian menipis para pemain Sevilla terus berjuang dan pada menit keenam injury time En-Nesyri mencetak gol keduanya dengan tandukan jarak dekat menyambut umpan silang terukur kiriman Ivan Rakitic demi menyamakan kedudukan 2-2.

Sayangnya, skor 2-2 tak cukup bagi Sevilla untuk menghindarkan mereka tersingkir dari Liga Champions, di mana Dortmund melaju ke perempat final lewat kemenangan agregat 5-4.