Walikota Kupang yakin UMKM jadi sektor unggulan Indonesia

id Walikota Kupang, NTT, Kota Kupang,Grrnas,Umkm

Walikota Kupang yakin UMKM  jadi sektor unggulan Indonesia

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore saat memberikan kata sambutan secara dari dalam acara Road To Kilau Digital Permata FLobamora di Kupang, Kamis (27/5). ANTARA/Tangkapan Layar-Kornelis Kaha.

Saya percaya suatu saat UMKM akan memberikan kekuatan ekonomi luar biasa bagi bangsa, sehingga tidak hanya bergantung pada migas saja
Kupang (ANTARA) - Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menilai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan menjadi sektor unggulan untuk meningkatkan perekonomian nasional dan penyumbang devisa terbesar, jika ditopang dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

"Saya percaya bahwa suatu saat UMKM akan memberikan kekuatan ekonomi luar biasa bagi bangsa, sehingga tidak hanya bergantung pada migas saja," katanya di Kupang, Kamis, (37/5).

Hal ini disampaikan secara daring dalam Talkshow Road To Kilau Digital Permata Flobamora di Kota Kupang dalam rangka menyambut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBBI) 2021 yang akan digelar pada 18 Juni 2021 mendatang di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Saat ini pemerintah Indonesia melalui pemerintahan Presiden Joko Widodo tengah berusaha agar ekonomi Indonesia tetap bangkit.

Salah satunya adalah dengan kampanye Gernas BBI yang saat ini terus digaungkan di berbagai kota di Indonesia seperti di Kota Kupang yang dilakukan pada Kamis (27/5).

Ia menambahkan, Gernas BBI sangat berarti bagi pelaku UMKM karena dapat membantu dan membina UMKM agar menjadi pondasi yang kuat untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19 dan bencana Badai Seroja beberapa waktu lalu.

“Gernas BBI mendorong pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kota Kupang untuk lebih terbuka dalam mendukung dan memajukan para pelaku UMKM lokal,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kupang, Danberty E Ndapamerang, mengatakan saat ini jumlah UMKM di Kota Kupang berkisar 17 ribu.

Ia juga berpendapat bahwa jumlah ini kemungkinan bertambah banyak karena banyak dari para pekerja yang ter-PHK beralih menjadi pelaku UMKM.

Selama ini pihaknya selalu memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar bisa bersaing di pasaran dan bisa bersaing di pasar nasional.

Untuk bisa tembus pasar nasional, ada beberapa tantangan bagi pelaku UMKM di Kota Kupang, yaitu menjaga kualitas produk, kontinuitas stok, dan pelayanan.

Baca juga: Kemenkominfo ajak para pelaku UMKM lebih banyak miliki toko "online"

“Pelayanan itu sangat penting, bagaimana memuaskan hati pelanggan, dan mengikat hati mereka agar benar-benar tertarik dan cinta terhadap produknya,” tegasnya.

Baca juga: Presiden : Tempatkan produk UMKM di etalase terdepan mall

Ia juga berharap dengan  kegiatan workshop ini para pelaku UMKM sudah bisa membuka toko digital dan bersaing di pasar digital.