Jembatan Liliba II Dibangun 2019

id Liliba

Jembatan Liliba II Dibangun 2019

Jembatan Liliba Kupang

Pemerintah pusat memutuskan untuk membangun Jembatan Liliba II di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 2019 setelah mengalami penundaan selama setahun akibat masih minimnya anggaran.
Kupang (Antara NTT) - Pemerintah pusat memutuskan untuk membangun Jembatan Liliba II di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 2019 setelah mengalami penundaan selama setahun akibat masih minimnya anggaran.

"Pembangunan jembatan Liliba II ini semula direncanakan tahun 2018, namun setelah dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, diputuskan untuk memulai pembangunanya pada tahun 2019, karena masih terbentur dengan anggaran," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang Beni Sain di Kupang, Rabu.

Rencana Pemerintah Kota Kupang untuk membangun Jembatan Liliba II ini untuk meminimalisir kemacetan dan mengatasi kepadatan lalu lintas di Jembatan Liliba I yang menjadi keluhan warga Kota Kupang selama ini.

Beni menegaskan pembangunan jembatan Liliba II membutuhkan dana puluhan miliar rupiah sehingga tidak bisa dibangun dengan mengunakan dana APBD II Kota Kupang, minimal mendapat dukungan dana dari pemerintah pusat.

Ia mengatakan, pembangunan jembatan kembar di Liliba, dilakukan pemerintah daerah untuk mengurangi beban jembatan Liliba I yang dibangun tahun 1992 yang semakin padat dilintasi kendaraan umum.

"Dana pembangunan jembatan Liliba akan bersumber dari pemerintah pusat. Kita akui arus lalu lintas di jembatan Liliba saat ini semakin padat dan dilintasi berbagai jenis kendaraan dengan beban yang beragam," tegas Beni.

Tahapan persiapan pembangunan jembatan Liliba II yang memiliki panjang sekitar 150 meter itu dengan melakukan pembebasan lahan dan rumah warga yang berada disekitar lokasi jembatan Liliba.

"Pembebasan lahan sudah kita lakukan. Tinggal pembangunan fisik jembatan yang mulai dibangun tahun 2019 , sehingga beban jembatan Liliba I sudah bisa teratasi dengan dibangunya jembatan Liliba II," tegas Beni.