Jembatan Liliba masih aman dilalui

id Jembatan Liliba

Jembatan Liliba masih aman dilalui

Jembatan Liliba Kupang

"Dari segi teknis, kondisi jembatan tersebut dalam keadaan aman dan layak untuk dilalui. Tidak benar kalau jembatan itu sudah tidak bisa dilalui kendaraan," kata Andreas Koreh.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Timur Andreas Koreh mengatakan jembatan Liliba di Kelurahan Liliba, Kota Kupang masih aman dilalui oleh kendaraan roda dua, empat dan enam.

"Dari segi teknis, kondisi jembatan tersebut dalam keadaan aman dan layak untuk dilalui. Tidak benar kalau jembatan itu sudah tidak bisa dilalui kendaraan," kata Andreas Koreh kepada wartawan di Kupang, Selasa (27/11).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan beredarnya informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa kondisi jembatan yang terletak di Kota Kupang itu goyang dan tidak aman dilalui kendaraan.

Menurut dia, informasi yang menyebutkan bahwa jembatan itu sudah tidak layak dilalui kendaraan sangat menyesatkan, dan cukup meresahkan masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang beredar, benar bahwa pada 25 November malam, terjadi pengalihan arus lalu lintas pada jembatan tersebut ke jalur jalan Timor Raya.

Namun, hal tersebut bukan karena persoalan teknis jembatan, melainkan karena adanya kecelakaan lalu lintas, dimana pengalihan tersebut untuk mengurai kemacetan.

Baca juga: Informasi jembatan Liliba tak bisa dilalui "hoax"

Kondisi jembatan yang bergoyang secara teknis dapat dijelaskan bahwa pada bagian bawah jembatan antara beton pada pilar jembatan dengan rangka jembatan wajib dipasang karet elastomer yang fungsinya untuk menjaga elastisitas jembatan.

"Jadi bergoyangnya jembatan itu adalah hal yang biasa terjadi pada hampir semua jembatan, apalagi pada pada saat jembatan memikul beban maksimum pada saat lalu lintas padat," katanya.

Diinformasikan bahwa rata-rata umur teknis jembatan didesain untuk lebih kurang 50 tahun, sementara usia teknis Jembatan Liliba saat ini baru 28 tahun.

"Sehingga dalam hal tidak terjadi kondisi ekstrim (gempa bumi/ bencana alam lainnya), maka jembatan tersebut secara teknis dapat dipastikan masih dalam keadaan aman untuk dilalui," demikian Andreas Koreh.

Baca juga: Pembangunan jembatan kembar Liliba masih tertunda