Korem 161/Wira Sakti imbau warga jangan takut divaksin

id vaksinasi,serbuan vaksin,ntt,korem 161/ws

Korem 161/Wira Sakti imbau warga jangan takut divaksin

Komandan Detasemen Kesehatan 04-09-01/Kupang Letkol Ckm dr. Agus Saptiady,Sp. (ANTARA/Bernadus Tokan)

...Biasanya sambil menunggu vaksin mereka kita kasih penjelasan, bahwa baik vaksin jenis sinovac maupun astrazeneca dua – duanya adalah vaksin yang baik, vaksin yang bagus
Kupang (ANTARA) - Korem 161/Wira Sakti terus mengimbau masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tidak perlu merasa takut untuk menerima vaksin COVID-19 karena vaksin yang disediakan pemerintah sangat aman.

"Biasanya sambil menunggu kegiatan vaksin mereka kita kasih penjelasan, bahwa baik vaksin jenis sinovac maupun astrazeneca dua – duanya adalah vaksin yang baik, vaksin yang bagus dan sudah terbukti keampuhannya termasuk keamanannya," kata Komandan Detasemen Kesehatan 04-09-01/Kupang Letkol Ckm dr Agus Saptiady,Sp di Kupang, Kamis, (1/7).

Dia mengemukakan hal tersebut terkait upaya TNI di daerah itu untuk meyakinkan warga agar bersedia datang ke tempat-tempat yang sudah disediakan untuk mengikuti vaksinasi.

Agus Saptiady mengakui, saat ini banyak sekali warga yang termakan informasi hoax di media-media sosial tentang keampuhan vaksin, sehingga timbul keraguan untuk mengikuti vaksin.

"Warga yang sudah datang ke rumah sakit Wira Sakti untuk mengikuti kegiatan Serbuan Vaksinasi saja masih ada yang ragu-ragu, tetapi kami memberikan penjelasan bahwa semua jenis vaksin yang digunakan saat ini aman," katanya menjelaskan.
Komandan Detasemen Kesehatan 04-09-01/Kupang Letkol Ckm dr. Agus Saptiady,Sp. (kiri) memantau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Kupang, Kamis, (1/7/2021). (ANTARA/Bernadus Tokan)


"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, tidak perlu cemas dengan vaksin. Hanya kadang – kadang yang terlalu misalnya usianya terlalu lanjut usia mungkin kita bisa pilih vaksin sinovac karena memang reaksinya lebih ringan dibandingkan astrazeneca. Tetapi dua–duanya bagus," katanya.

Dia mengatakan, terus berkoordinasi dengan Kodim dan juga Babinsa di desa-desa untuk memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksin di tempat-tempat yang disediakan TNI.

"Sekarang juga sudah ada vaksin kedua sehingga tidak diajak ataupun diundang pun warga pasti datang untuk menerima vaksin dosis dua," katanya.

Karena itu, dia berharap masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin karena apa yang dilakukan pemerintah saat ini untuk membuat kekebalan tubuh di masyarakat.

Baca juga: Lantamal VII Kupang targetkan 1.000 orang divaksinasi COVID

Mengenai pasokan vaksin, dia mengatakan, sejauh ini tidak ada masalah dengan pasokan vaksin dari dinas kesehatan.

Baca juga: Panglima TNI bersama Kapolri pantau Serbuan Vaksinasi di Pelindo II

"Sejauh ini tidak ada masalah dengan pasokan vaksin. Kadang–kadang mungkin agak terlambat sedikit tetapi untuk saat ini Alhamdulillah pasokan masih memadai sehingga kita bisa melaksanakan vaksin di semua Kodim – Kodim di seluruh NTT," katanya menambahkan.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2022