Lanal Labuan Bajo donor darah wujud TNI AL peduli

id Donor darah, TNI AL, Lanal Labuan Bajo, labuan bajo, manggarai barat, NTT,donor darah tni al

Lanal Labuan Bajo donor darah wujud TNI AL peduli

Petugas sedang melakukan pengambilan darah seorang pendonor dalam kegiatan donor darah wujud TNI AL peduli di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/8/2021). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Kami ajak masyarakat untuk donor darah, untuk membantu sesama warga yang membutuhkan darah
Labuan Bajo (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo menggelar donor darah wujud TNI AL peduli di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Kegiatan donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk Lanal Labuan Bajo. Kegiatan ini wujud dari TNI AL peduli," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, di Labuan Bajo, Kamis, (12/8).

Pelaksanaan donor darah digelar sehari dari pukul 10.00 WITA. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut dan PMI Manggarai Barat.

Budi Purwoto menargetkan 40 kantong darah terkumpul dalam kegiatan tersebut. Partisipan kegiatan berasal dari TNI, Polri, masyarakat maritim, dan jurnalis. Petugas donor darah berasal dari RSUD Komodo dan PMI Manggarai Barat.

Ia mengemukakan donor darah yang dilakukan adalah donor darah reguler. Donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan, karena alat di Labuan Bajo belum tersedia.

Dia pun menekankan pentingnya mendonorkan darah untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Baginya, darah tidak memiliki pengganti. Oleh karena itu, kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial yang harus dilakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

"Kami ajak masyarakat untuk donor darah, bantu sesama warga yang membutuhkan darah," katanya pula.

Baca juga: TNI Angkatan Laut gelar vaksinasi bagi warga di Labuan Bajo

Seorang warga maritim Labuan Bajo, Vera Bahali yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, juga sangat mengapresiasi kepedulian TNI AL dalam bentuk kegiatan donor darah.

Menurutnya, kebutuhan akan darah meningkat di tengah situasi pandemi COVID-19. Banyak sekali pesan beruntun di sosial media terkait kebutuhan darah baik reguler maupun plasma konvalesen.

Baca juga: Polres Mabar gelar patroli KRYD terapkan PPKM level 3

"Terakhir kali saya donor darah itu sebelum melahirkan; satu tahun lalu. Adanya kegiatan ini ya bisa fasilitasi kami yang ingin donor darah. Kita harus donor darah untuk bantu sesama yang membutuhkan," ujar Vera.