Rutan Kupang gelar berbagai lomba sambut HUT RI ke-76

id Rutan Kupang, NTT, Kota Kupang,'

Rutan Kupang gelar berbagai lomba sambut HUT RI ke-76

Sejumlah narapidana sedang mengikuti lomba balap karung saat dilaksanakannya perlombaan menyambut HUT ke-76 RI di Rutan Klas IIB Kupang, NTT, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

...Perlombaan yang kita gelar ini untuk membangkitkan kebahagiaan mereka sekaligus hiburan juga buat mereka
Kupang (ANTARA) - Rutan Kelas IIB Kupang mengelar berbagai perlombaan yang melibatkan para narapidana di rutan itu dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia yang akan jatuh pada Selasa (17/8) besok.

Kepala Rutan Klas IIB Kupang M Rizal Fuad kepada ANTARA di Kupang, Senin  (16/8) mengatakan bahwa ada beberapa perlombaan yang digelar seperti lomba baca teks ProklamasI dan pembukaan UUD 1945, lomba tarik tambang, lomba baris berbaris, yel-yel dan berapa perlombaan lainnya.

"Perlombaan yang kita gelar ini adalah untuk membangkitkan kebahagiaan mereka sekaligus hiburan juga buat mereka," katanya.

Tak hanya itu perlombaan yang digelar juga bertujuan agar para warga binaan bisa ikut merasakan kegembiraan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI yang akan diperingati pada Selasa (17/8) besok.

Disamping itu juga perlombaan yang digelar juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air ke dalam diri para narapidana yang ada di Rutan tersebut.

Rizal menambahkan bahwa pelaksanaan lomba sendiri sudah dilakukan sejak awal Agustus yang mana selama masa perlombaan para narapidana dimentor oleh para petugas Rutan.

"Jadi pegawai di sini punya tugas masing-masing untuk menjadi mentor bagi setiap narapidana untuk mengikuti lomba," tambah dia.

Pantauan ANTARA pelaksanaan tarik tambang, lomba lari karung, baris berbaris dan lomba yel-yel menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi para narapidana.

"Bagi yang menang kita berikan hadiah sebagai bentuk apresiasi," ujar dia.

Baca juga: Lapas Atambua latih warga binaan budidaya semangka

Baca juga: Rutan Kupang kelebihan kapasitas